Hal Yang dilarang dalam Asuransi Syariah

Asuransi Syariah adalah asuransi yang menganut nilai – nilai islam yang telah tertulis tegas dalam Al-quran.  Sehingga bisa dibilang Asuransi syariah memiliki tujuan yang berbeda dengan badan usaha asuransi pada umumnya. Tujuan dari sebuah asuransi dengan bentuk syariah adalah sebuah usaha yang memang didirikan untuk saling tolong menolong dan melindungi anggotanya melalui investasi. Investasi ini bisa dalam bentuk aset  / tabarru’.

Sistem Asuransi Syariah

Asuransi Syariah memiliki sebuah sistem yang unik dan didasari dengan asa saling tolong menolong. Sistem asuransi ini adalah para anggota asuransi menghibahkan sebagai / seluruh kontribusi yang dapat digunakan untuk anggota yang sedang terkena musibah.  Jadi boleh dibilang perusahan hanya sebagai pengelola dan penyimpan dana dan kontribusi dari para anggota asuransi.

Hal yang dilarang dalam sistem Asuransi Syariah

Sistem asuransi ini menganut nilai yang ada dalam Al-quran. Dalam Al-quran pun tertulis hal-hal yang dilarang / tidak boleh dilakukan  dalam muamalah ekonomi. Berikut hal – hal yang dilarang dalam asuransi Syariah:

  • syariahRiba -> di dalam Al-Baqarah 2:275 menegaskan bahwa Allah memang menghalalkan proses jual beli namun Dia mengharamkan riba sehingga dalam berbisnis / membuka usaha jangan sampai kita menghedaki riba.
  • Kezaliman (zhulm) -> tertulis dalam hadis qudsiy, Allah mengharamkan  perbuatan zhalim atas diriNya dan pada sesama manusia. Oleh karena itu janganlah berbuat zhalim.
  • Gharar (ketidakjelasan) -> gharar menurut para ahli Figh berarti jual beli yang tidak jelas. Contoh penjual yang tidak jelas adalah seorang penjual menjual sekarung beras dengan harga Rp 500.000 namun tidak jelas berapa berat berasnya dan jenis beras apa yang dijual. Boleh dibilang penjual di sini telah merugikan pembelinya.

Tiga hal di atas harus dihindari karena sudah jelas tidak sesuai dengan sistem muamalah ekonomi yang disarankan oleh Allah. Lagipula dengan menggunakan cara – cara di atas, kita telah merugikan orang lain yang telah menjadi pembeli kita. Allah telah mengajarkan bahwa kita tidak boleh membuat jahat kepada sesama kita. Seharusnyalah kita saling tolong menolong dan bahu membahu.

Memilih Asuransi Syariah

Sekarang sudah banyak badan asuransi yang menawarkan sistem syariah seperti Allianz ataupun badan asuransi lainnya. Untuk memilih yang paling tepat, sebenarnya kita hanya perlu memastikan bahwa asuransi tersebut memang betul-betul berjalan sesuai dengan sistem syariah. Jadi kita perlu minta penjelasan dari perusahaan asuransi mengenai sistem syariah gimana yang mereka jalani. Pilih deh yang menurutmu cocok dengan kita.

Semoga artikel info ini berguna –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s