Kredit Tanpa Agunan Dikuasai Bank Luar

Berdasarkan berita yang dilansir langsung dari Kontan, kita akan menemukan bahwa pasar kredit tanpa agunan (KTA) dan kartu kredit ternyata lebih banyak dikuasai oleh Bank asing daripada Bank asli Indonesia sendiri. Berikut 3 nama Bank luar yang menguasai pasar KTA dan kartu kredit:

  • kredit tanpa agunanBank Standard Chartered yang merupakan bank berskala internasional yang berkantor pusat di London. Bank ini sudah ada dan beroperasi lebih dari 71 negara.  Pasar utama bank ini bukanlah Eropa melainkan Asia, Afrika dan Timur Tengah. Bank ini menggenggam 28% dari pasar kredit terutama untuk kartu kredit dan Kredit tanpa agunan.
  • Bank ANZ (Australia and New Zealand) merupakan bank terbesar nomor 3 di Australia. ANZ terbentuk setelah adanya merger antara Bank of Australasia dengan Union Bank Of Asutralia. Sejak saat itu banyak perubahan dalam sistem perbankan ANZ. Perkembangan yang semakin ke arah yang baik telah membuat ANZ menjadi Bank asing nomor 2 di Indonesia yang berhasil menguasai 20% pasar kartu kredit dan Kredit tanpa agunan.
  • Citibank merupakan bank yang berkantor pusat di New York, Amerika. Citibank sudah beroperasi lebih dari 160 negara. Pusat pasarnya adalah benua Amerika terutama untuk kota New York, Chicago, Los Angeles, Washington, San Francisco Bay Area dan Miami. Citibank di Indonesia menguasai setidaknya 17% pasar kartu kredit dan Kredit tanpa agunan.

Untuk posisi nomor 4 dan 5 –nya diduduki oleh bank swasta nasional yaitu

  • Bank CIMB Niaga merupakan bank swasta nasional terbesar ke 4 yang di Indonesia. Bank ini pada awalnya didirikan pada tahun 1995 dengan nama Bank Niaga. Pergantian nama pada tahun 2008, Bank Niaga berubah nama menjadi Bank CIMB Niaga setelah diakuisisi oleh CIMB group pada tahun 2002. Bank CIMB Niaga menguasai 10% dari pasar kartu kredit dan Kredit tanpa agunan.
  • Bank Permata adalaha bank swasta nasional terbesar nimir 10 di Indonesia. Boleh dibilang pertumbuhan dan perkembangan Bank Permata sangat cepat. Apalagi pada tahun ini (2013) bank permata baru memasuki umur 9 tahun namun dia sudah menunjukan performa yang baik. Sahamnya kebanyakan dipegang oleh PT Astra International dan Bank Standard Chartered. Bank Permata menguasai 10% pasar kartu kredit dan Kredit tanpa agunan.

Semoga artikel informasi ini berguna –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s