Puasa Bareng Anak

Anak-anak memang tidak diwajibkan berpuasa tetapi tidak ada salahnya mengajarkan dia dari sejak kecil agar pas dia dewasa tidak kaget dan bigung cara melakukan puasa yang baik. Gimana cara membuat anak ikut puasa dan membuat puasa itu menyenangkan untuknya? Berikut beberapa tipsnya:

  • puasa bareng anakAjarkan terlebih dahulu pengertian puasa kepada anak dan gimana tata cara puasanya. Ingat jelaskan dengan tanpa menakuti-nakuti dia. Jangan sampai mental anak jatuh karena ucapan kita. Kita bisa menggunakan cerita atau perumpamaan.
  • Ajak anak-anak untuk bangun pagi dan melakukan sahur bersama – sama. Biasakan mereka bagun untuk sahur agar mereka mengerti tentang sahur. Belajar tanpa praktek tidak akan membuahkan hasil yang baik.
  • Persiapkan makanan sahur yang dapat memenuhi kebutuhan gizi  anak. Anak memerlukan vitamin dan mineral yang banyak daripada kita. Untuk menu sahurnya disarankan membuat menu dengan bahan nasi merah, kacang merah, apel, uni jalar, pisang, kacang hijau atau bahan makanan lainnya.
  • Agar anak tertarik, persiapakan makanan yang disukai anak pas sahur terutama kalau dia berhasil menjalani puasa selama sehari penuh.
  • Buat sahur dan berbuka semenarik mungkin agar anak-anak tertarik. Kita bisa menambahkan acara bercerita atau bermain bersama pada saat berbuka dan sahur.
  • Buatkanlah minuman seperti jus buah segar tanpa gula untuk anak agar menambah daya imun tubuhnya. Saat berbuka, tidak ada salahnya menambahkan sedikit gula pada jus mereka agar mereka segera bisa mendapatkan energi yang mereka butuhkan setelah berpuasa seharian.
  • Jika anak ingin berbuka setelah berpuasa setengah hari, perbolehkan saja. Baru besok semangati dia untuk menambah setidaknya setengah sampai akhirnya dia belajar untuk puasa seharian. Jangan memaksa namun menyemangatinya.
  • Jangan memberikan makanan yang terlalu banyak untuk anak. Makan terlalu banyak hanya akan membuat perut mereka sakit dan pencernaannya tergangu. Otak manusia membutuhkan setidaknya 30 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang.
  • Pas awal berbuka dan sahur, berikan buah segar untuk anak. Perut kosong lebih mudah menyerap buah dan zat gula didalamnya daripada makanan berat. Dengan mengkonsumsi buah terlebih dahulu, kita juga tidak membuat lambung kaget yang bisa memicu perut sakit.
  • Berikan pujian / hadiah ketika anak berhasil menjalankan puasa penuh. Hadiah tidak perlu berupa mainan atau uang tetapi bisa berupa makanan kesukaan anak pas berbuka / sahur atau janji menghabiskan waktu lebih banyak dengannya.

Semoga artikel tips ini membantu dalam kegiatan puasa bareng anak berhasil. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s