Memilih Antara Power Bank dan Baterai Cadangan

Baterai cadangan atau power bank yang paling baik?

Power Bank

Power bank seperti namanya adalah sebuah alat untuk menyimpan energi. Energi yang tersimpan dalamnya di dapat dari sumber tenaga listrik. Tenaga yang disimpan kemudian dapat digunakan sebagai sumber tenaga cadangan untuk isi ulang baterai handphone dan tablet. Trend penggunaan aksesoris handphone ini semakin marak di dalam masyarakat terutama untuk orang – orang yang bekerja dan mahasiswa. Apalagi aksesoris ini bisa digunakan untuk berbagai jenis handphone dan tablet karena colokan yang disediahkan beragam.

power bankBerdasarkan yang dilansir langsung dari Tempo, Johanes Stevanus selaku Marketing Manager V-Gen mengatakan bahwa kita harus berhati-hati dalam menggunakan power bank. Memang aksesoris handphone ini sangat efektif dalam menyuntikan energi cadangan untuk handphone dan tablet namun penggunaan serampangan dapat merusak baterai handphone dan tablet.

Kenapa power bank dapat merusak baterai? Ini karena adanya arus listrik yang mengalir dari power bank ke baterai handphone dan tablet tidak stabil. Soalnya baterai ke baterai. Agar baterai handphone dan tablet tidak cepat rusak, sangat disarankan penggunaan power bank secara hemat. Bila bukan karena terpaksa jangan menggunakan aksesoris handphone ini. Sebisa mungkin isi ulang dengan (colok langsung ke)sumber listrik PLN.

Baterai Cadangan

Beberapa orang memilih menggunakan baterai cadangan. Hal ini dikarenakan  ukuran baterai lebih kecil serta tipis dan beratnya lebih ringan. Baterai cadangan harus disiapkan dari rumah sehingga ketika baterai habis, baterai cadangan sudah siap digunakan. Masalahnya adalah proses pergantian baterai memaksa kita untuk mematikan handphone atau tablet. Jadi pembicaraan atau chat terpaksa harus dihentikan sementara sampai baterai cadangan sudah terpasang dengan baik.

Yang paling malas menggunakan baterai cadangan mungkin para pengguna BlackBerry. Hal ini dikarenakan pada saat selesai memasang baterai cadangan, BlackBerry memerlukan setidaknya 3 – 5 menit untuk hidup kembali. Waktu yang cukup panjang untuk menunggu.

Masalah lainnya dari baterai cadangan adalah tidak efisien. Hal ini dikarenakan baterai setiap handphone dan tablet berbeda – beda. Bahkan Blackberry tipe Gemini dan Culve memiliki baterai yang berbeda walaupun dikeluarkan oleh perusahaan yang sama.

Semoga artikel informasi dapat membantu kita menetukan pilihan antara power bank dan baterai cadangan. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s