Program Akuntansi Menggantikan Seorang Akuntan?

Program akuntasi merupakan sebuah penemuan yang tentu saja sangat spektakuler dalam ilmu akuntansi. Dengan adanya program ini, beban kerja seorang akuntan tentu lebih ringan. Mungkin banyak yang berpikir bahwa selain meringankan pekerja seorang akuntan; profesi akuntan professional bisa diganti dengan program akuntasi dan seorang pengisi data entry yang mengerti akuntan. jadi gak usah mempekerjakan lulusan kuliah, cukup lulusan SMA yang tentu gajinya lebih kecil. Nah, pemikiran ini salah.

Hal yang Tidak Bisa Digantikan dengan Program Akuntansi

Program akuntansi ini memang memiliki tujuan untuk meringankan beban kerja seorang akuntan bukan berarti menggantikan seorang akuntan. Program ini tidak dirancang untuk mengambil ahli seluruh pekerjaan akuntan. Perlu diingat bahwa program ini juga dibuat oleh manusia sehingga pasti ada saatnya di error walaupun tidak sesering human error. Berikut ini beberapa pekerjaan dan tugas penting seorang akuntan yang belum bisa digantikan oleh sebuah program:

Pengecekan

  • program akuntasi dan akuntanProgram tidak bisa melakukan pengecekan terkecuali data yang sudah diinput atau dimasukan. Seorang akuntan dan resepsionis harus mengecek barang – barang yang dibeli sesuai dengan nota atau bukti pendukung begitu juga dengan harganya.
  • Mengecek apakah data yang dinput ke dalam sistem / program memang sesuai dengan bukti – bukti pendukunnya. Setelah mengecek ada hal yang salah, akuntan bisa langsung memperbaikinya. Program sendiri tidak bisa melakukan pengecekan dan perbaikan tanpa bantuan manusia.

Validasi

  • Program tidak bisa melakukan validasi pada data – data yang telah dimasukan. Seorang akuntan bisa memeriksa via telephone, email atau face to face utnuk memastikan adanya kelengkapan bukti seperti resi penerimaan barang, invoice, nota perlunasan, cek yang diuangkan, tagihan.
  • Seorang akuntan juga bisa memastikan / validasi apakah angka yang ada pada bukti sesuai dengan yang disepakati, berapa yang sudah dibayar atau hal lainnya.

Relokasi Buku

  • Setiap perusahaan memiliki jadwal tutup buku yang berbeda-beda. Masalahnya untuk tutup buku ini perlu bantuan akuntan agar program bisa berjalan dengan benar dan tutup bukunya memang hasil sesuai karena semua data sudah dicek dan divalidasi.

Sampai saat ini memang program akuntansi dapat meringakan perkerjaan Akuntan tetapi belum bisa menggantikan posisi akuntan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s