EBay Merencanakan Data Center Dengan Energi Alternatif

EBay yang merupakan salah satu situs jual beli dan lelang secara online terbesar berencana membangun sebuah data center dengan energi alternative tanpa bergantung pada tenaga listrik nasional. Tenaga listrik nasional masih sangat tergantung dengan batubara.

Ini pertama kalinya sebuah perusahaan teknologi akan menggunakan energi alternative sebagai sumber energi untuk pusat penyimpanan data. Sebuah pusat penyimpanan data memerlukan energi yang tidak sedikit sehingga boleh dibilang, langkah ini sangatlah berani. Sudah banyak kelompok pencinta lingkungan yang mengeluarkan serangkaian teguran kepada perusahaan internet karena ketergantungan perusahaan – perusahaan tersebut terhahap energi batubaru dalam menjalan fasilitas data center mereka.

Memang sebenarnya sudah banyak perusahaan yang menggunakan energi alternative dalam menjalankan pusat data center untuk jaringan social, hiburan video streaming dan transaksi komersial. Tetapi sumber energi alternative ini hanya digunakan sebagau sumber energi tambahan bukan utama. Sumber energi utama masih bergantung pada batubara. EBay yang ingin mengubah semua sumber energi pusat penyimpanan data menjadi sumber energi alternative tentu sangat mengejutkan.

Edata center ebayBay berencana menggunakan sekita 6 juta Watt energi dari Fuel Cells yang merupakan sumber energi substansial yang bersih dan lebih efisien dibandingkan energi batubara. Pusat penyimpanan data yang akan menggunakan energi Fuel Cells ini akan dibangun di South Jordan, Utah. Sumber energi Fuel Cells yang akan digunakan EBay ini akan dibuat oleh sebuah perusahaan swasta di Sunnyvale, California.

Menurut John Donahoe, Presiden dan Kepala Eksekutif ebay mengatakan bahwa ini adalah investasi yang beresiko namun layak dicoba dan digunakan. Berpikir ini adalah hoax? Jangan soalnya EBay sudah mendatangi perjanjian dengan Bloom mengenai Fuel Cells. Memang hingga saat ini, selain EBay belum ada perusahaan lain yang menggunakan energi Fuel Cells. Jadi EBay akan menjadi percobaan pertama.

Banyak orang meragukan bahwa energi alternative ini bisa menyongkong sebuah data center namun Mr. Sridhar menyakinkan bahwa sumber energi Fuel Cells yang akan didesain khusu ini tidak akan membawa sistem down. Dia menerakan bahwa aka nada 30 Bloom Fuel Cells yang akan dipasang ke pusat data center EBay yang baru.

Apakah penggunaan energi alternative ini akan membawa perubahan pada dunia data center? Semoga saja dan nantikan berita selanjutnya. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s