Menggunakan Rumput Buatan Untuk Rumah

Rumput buatan tidak hanya digunakan untuk lapangan sepak bola dan futsal saja. Sekarang sudah banyak rumah yang menggunakan rumput sintetis untuk mempercantik halaman dan bagian interior rumah. Menggunakan rumput sintetis untuk:

  • Taman atap karena rumput sintetis tidak berat sehingga tidak perlu takut atap akan jebol.
  • Daerah-daerah yang tidak cocok ditumbuhi oleh tanaman / rumput asli seperti kamar bermain, kamar tidur, ruang tamu atau bagian dalam rumah lainnya.
  • Tempat dimana tanpa adanya tagihan pemeliharaan dan air.

Keunggulan dan Kelemahan Rumput Buatan

Keunggulan Rumput Buatan

  • rumput buatanRumput sintetis / buatan tidak memerlukan perawatan seperti pemangkasan, penyiraman, pemupukan dan pestisida.
  • Mengurangi biaya perawatan dan tagihan air.
  • Rumput sintetis bertahan untuk waktu yang cukup lama dengan warna hijaunya yang segar.
  • Tidak perlu takut lantai di sekililing rumput akan kotor karena di bawah rumput bukanlah tanah.

Kelemahan Rumput Buatan

  • Tidak bisa menghasilkan O2 dan menyerap CO2.
  • Permukaan akan menjadi panas ketika matahari sedang bersinar terik.
  • Harga pemasangan awal yang mahal.

Cara pemasangan rumput sintetis  pada Taman

  1. Bersihkan gulma, rumput atau tanaman pada area yang ingin dipasang dengan rumput sintetis. Bila ingin menggunakan alat, gunakan sod cutter agar bisa membersihkan gulma dan rumput dengan baik.
  2. Lapisi permukaan tanah dengan batu-batu kecil aggregate hingga 2-4 inci pokonya buat dia sama rata dengan daerah sekitarnya. Hal ini dilakukan agar ada saluran udara dan air di bawah rumput sintetis sehingga air yang mengujur rumput tidak akan menggenang. Lalu gunakan water sod roller untuk membuat batu – batu kecil tersebut rapi.
  3. Pasang penghalang gulma yang bisa bertahan antara 15 – 25 tahun. Pastikan penghalang gulma terpasang dengan baik. Dengan adanya penghalang tersebut, gulma dan rumput liar tidak akan tumbuh dan merusak rumput sintetis yang baru dipasang.
  4. Gelar rumput buatan untuk mengecek bagian mana yang harus di potong (jangan langsung ditempel karena ini hanya pengukuran). Saat memotong pastikan semua ditata dengan baik dan potong hanya dengan pisau searah.
  5. Jahit potongan menggunakan benang karpet yang berukuran 4-6 inci atau staples. Cuma disarankan menggunakan benang agar lebih kuat.
  6. Pasang rumput ke permukaan batu aggregate dengan paku 6 inci. Paku dipasang ½ – 1 inci dari tepi rumput. Pantek 4-6 inci sepanjang perimeter rumput. Mulai dari satu sisi sehingga kita dapat menarik sisi lainnya dengan erat.
  7. Agar rumput sintetis kuat, taburkan pasir di permukaan. 2 pound pasir perpetak. Setelah semua permukaan ditabur pasir. Gunakan sapu untuk membersihkan permukaan rumput dan memastikan pasir masuk ke bawah rumput.

Semoga artikel info ini dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s