Perlengkapan Dasar Bayi

Kehadiran sesosok bayi dalam keluarga tentu sangat menyenangkan apalagi setelah menanti – nanti dalam kurung waktu yang panjang. Ada beberapa perlengkapan bayi yang harus disediahkan sejak awal karena perlengkapan tersebut adalah kebutuhan dasar.

Perlengkapan Bayi yang Penting

Berikut ini beberapa produk perlengkapan bayi yang perlu dalam tahun – tahun awal perawatan bayi:

Baju Bayi

Ukuran baju bayi bukan berdasarkan ukuran S, M, L dan Xl melainkan dengan prematur, baru lahir, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan dan 12 bulan. Biasanya bayi tidak membutuhkan baju dengan ukuran bayi baru lahir melainkan langsung dengan baju ukuran 3 bulan.

Perlu diingat bahwa bayi yang baru lahir – berumur 12 bulan memiliki pertumbuhan yang sangat cepat sehingga sangat disarankan kita sudah menyiapkan baju dengan ukuran berikutnya. Berikut ini jenis baju yang dibutuhkan bayi

  • Kaos kaki dan sarung tangan – sediahkan setidaknya 3 pasang kaos kaki khusus bayi yang terbuat dari bahan katun untuk menjaga agar kaki bayi tetap hangat.
  • Kaos / t-shirt, sediahkan 5- 7 buah. Carilah yang bagian lehernya terbuka dan agak lebar agar mudah dilkenakan pada bayi.
  • Celana pendek bilanya cuaca panas (5-7 buah). Carilah yang berbahan katun dan karet untuk pingangnya tidak terlalu kencang. Sediahkan celana panjang 2-3 buah agar bisa dikenakan bila cuaca sedang berubah menjadi dingin.
  • 5 – 7 set baju tidur yang terbuat dari bahan katun. Jangan membeli baju tidur bayi yang memiliki kancing karena ditakutkan akan menekan bagian dada bayi ketika dia tiba – tiba

Pastikan kita rajin mencuci baju bayi setidaknya 2 hari sekali dengan deterjen khusus untuk bayi.

Diaper

perlengkapan bayiDiaper yang disediahkan bisa berupa diaper sekali pakai atau diaper yang bisa dicuci untuk digunakan lagi. Tentu saja diaper sekali pakai memang lebih praktis karena tidak perlu dicuci namun diaper sekali pakai memang membuat pengeluaran kita agak membengkak. Untuk diaper yang bisa digunakan beberapa kali, disarankan menggunakan diaper yang terbuat dari kain katun karena tidak akan melukai kulit bayi dan bisa dengan cepat menyerap keringat.

Selimut Bayi

Selimut bayi yang tidak tebal itu ternyata sangat penting. Selain digunakan untuk menjaga suhu tubuh bayi, selimut bayi juga memastikan bahwa orang yang mau mengendong bayi tidak akan melukai kulit bayi tanpa sengaja.

Botol Susu dan Air

Dikarenakan bayi masih kecil sehingga untuk makan, dia belum bisa. Agar gizinya tercukupi sangat disarankan untuk pemberian asi dan susu secara teratur. Ketika ibu tidak bisa menyusui, botol susu sangat diperlukan untuk pengganti payudara. Selain itu botol susu juga bisa digunakan untuk mengisi air putih yang bisa diberikan ketika bayi sedang haus.

Hanya beli perlengkapan bayi yang memang penting, simpan uang untuk membeli hal lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s