Fetch as Google Berguna untuk SEO

Fetch as Google merupakan salah satu fitur yang terdapat dalam Google Webmaster. Google Webmaster merupakan salah satu tool gratis dari Google yang sangat berguna dalam SEO. SEO adalah sebuah teknik untuk meningkatkan posisi sebuah situs di halaman hasil pecarian Search Engines seperti Google. Kenapa SEO membutuhkan “Fetch as Google” ? “Fetch as Google” membantu kita untuk mendeteksi apakah website kita diserang virus, malware atau dihack. SEO yang dilakukan akan menjadi percuma bila website kita sedang terserang malware, hacker atau virus. Ketika website sedang diserang oleh virus, Malware atau hacker, Google akan semakin mencurigain website Anda hingga akhirnya dia memutuskan untuk mengeband website Anda.

Contoh Penggunaan “Fetch as Google” Untuk SEO dan Website

Apa gunanya / manfaat Fetch as Google untuk SEO ? Matt Cutts dalam websitenya menuliskan bahwa “Fetch as Google” dapat digunakan untuk mengecek apakah Anda telah sukses atau tidak memperbaiki website Anda setelah dihack atau diserang oleh virus. Pada artikel di websitenya, Matt Cutts menuliskan sebuah contoh tentang website Music yang terkenal di hack.

Sebuah website Music yang cukup terkenal di dunia online dihack suatu hari. Tentu saja sebagai sebuah website Music yang sudah cukup terkenal, tim managementnya bergerak dengan sangat cepat menyelesaikan masalah ini. Hanya dalam beberapa jam, website kembali live seperti biasanya. Tidak terlihat ada yang salah dengan website tersebut. Namun saat Google datang dan memeriksa website tersebut, Google menemukan bahwa website tersebut masih dihack. Tentu saja, tim Google langsung mengirimkan peringatan melalui message Google Webmaster agar tim management website tersebut dapat langsung memperbaiki websitenya.

fetch as google untuk SEOTernyata hacker yang menghack website tersebut melakukan hal yang licik. Dia meletakan sebuah script sederhana yang membuat semua pengunjung yang datang dari Search Engines hanya bisa melihat content website yang sudah diubah hacker. Hanya orang yang langsung memasuki website tanpa melalui Search Engines yang dapat melihat isi asli website Music tersebut.

Untunglah website Music tersebut belum di banned oleh Google. Seandainya dari awal tim management website tersebut menggunakan “Fetch as Google” ketika mereka melakukan perbaikan website yang dihack, mereka akan langsung tahu bahwa website tersebut masih belum betul – betul bersih dan mereka bisa langsung memperbaikinya tanpa perlu menunggu pemberitahuan dari Google. Bayangkan berapa banyak lead yang hilang dari hasil pencarian natural Search Engine yang sudah naik berkat SEO.

Sampai ketemu di artikel tips info lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s