Pedoman Makan Bagi Pasien Bypass Lambung

Anda menjalani cara menurunkan berat badan bypass lambung? Perlu Anda ketahui bahwa bypass lambung berarti mengecilkan lambung dengan cara menutupi sebagian besar bagian lambung bagian bawah agar makanan tidak melaluinya. Dengan adanya perubahan gimana tubuh menangani makan, Anda juga harus mengubah cara Anda makan.

Pedoman Untuk Pasien Bypass Lambung

Sebelum dan sesudah operasi bypass lambung dilakukan, dokter biasanya akan menjelaskan peraturan atau pedoman gaya hidup terutama makanan yang harus dipatuhi. Secara singkatnya pedoman makan bagi pasien bypass lambung adalah:

Pulang Dari Rumah Sakit

Porsi Makan Berkurang

  • cara menurunkan berat badan - bypass lambungDalam 2- 3 minggu setelah operasi, makanan yang bisa dikonsumsi hanyalah berbentuk cairan atau bubur. Setelahnya barulah Anda boleh menambahakan makanan lembut dan lambat laun baru mengkonsumsi makanan padat namun dengan porsi kecil.
  • Pada saat pertama kali mulai mengkonsumsi makanan padat, Anda akan sangat cepat merasa kenyang. Hanya dengan beberapa sedok saja, Anda akan merasa kenyang. Hal ini dikarenakan lambung baru yang dibuat melalui proses operasi bypass lambung hanya dapat menampung 2-3 sendok teh makanan pada awalnya.
  • Sedikit demi sedikit lambung baru akan semakin melebar dan bisa menampung lebih banyak makanan walaupun tidak bisa menampung jumlah makanan sebanyak lambung lama. Anda pastinya tidak ingin lambung baru rusak jadi Anda harus mematuhi prosi makanan yang direkomendasikan dokter.
  • Biasanya setelah lambung baru melebar, Anda bisa mengkonsumsi makanan lebih banyak. Biasanya porsi maksimalnya adalah sepiring kecil makanan. Memang dikit, namun porsi tersebut akan membuat Anda kenyang.

Tubuh Sakit

Pada awal 3-6 bulan setelah operasi, Anda biasanya akan mengalami tubuh sakit, lemas, dingin, kulit kering, perubahan mood dan rambut rontok. Masalah – masalah ini normal dan akan sembuh setelah Anda mulai mengkonsumsi lebih banyak protein dan kalori. Tentu sesuaikan dengan prosi yang disarankan oleh dokter sehingga Anda tetap mengalami penurunan berat badan walaupun memkonsumsi lebih banyak kalori dan perotein.

Cara Makan Baru Setelah Bypass Lambung

  • Dikarenakan gerbang masukan makanan ke lambung baru, kecil makan disarankan untuk mengunyah makanan hingga halus. Setidanya kunyalah 24 kali untuk memastikan makanan sudah halus baru ditelan.
  • Setidaknya habiskan 20 – 30 menit untuk makan. Jika Anda muntah dan merasakan sakit di bawah tulang dada, hal ini mungkin karena Anda terlalu cepat makannya.
  • Bagi porsi 3 makan Anda yang biasanya menjadi 6 porsi yang  dapat dikonsumsi satu persatu dengan jarak waktu 2-4 jam.
  • Dilarang ngemil di sela – sela waktu makan besar.
  • Tutup mulut dan jangan masukan makanan lagi bila sudah merasa kenyang.

Cara Minum Baru Setelah Bypass Lambung

  • Perbanyak konsumsi air putih.
  • Jangan minum apa pun setelah makan. Hanya boleh minum setelah 30 menit selesai makan.

Makanan Setelah Melakukan Cara Menurunkan Berat Badan Bypass Lambung

Makanan yang Boleh Dikonsumsi

Anda harus memastikan Anda mendapatkan asupan protein, vitamin dan mineral yang cukup walaupun porsi makanan berkurang. Setelah operasi ini, Anda masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi

  1. Ayam tanpa kulit dan Daging tanpa lemak
  2. Ikan
  3. Telur
  4. Kacang – kacangan tetapi jangan terlalu banyak
  5. Susu dan produk olahan susu seperti keju dan yogurt

Dikarenakan berkurangnya porsi lambung yang bekerja, akan ada beberapa vitamin dan mineral yang tidak bisa diserap dengan baik. Cara terbaiknya adalah berkonsultasi kepada dokter. Jangan lupa lakukan  check up secara teratur dengan dokter untuk memastikan tidak ada yang salah dengan Anda.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Ada beberapa makanan yang Anda harus hindari setelah melalu cara menurunkan berat badan bypass lambung:

  • Jangan mengkonsumsi makan yang mengandung banyak lemak, gula dan karbohidrat.
  • Hindari minuman bersoda dan beralkohol.
  • Hindari minuman yang mengandung banyak kalori, gula, fluktosa dan sirup jagung.
  • Hindari minuman dengan bubbles.

Pada intinya setelah melakukan cara menurunkan berat badan Bypass Lambung, Anda harus memperhatikan porsi dan jenis makanan yang Anda Konsumsi. Bisa atau Tidak? –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s