Mitos Demam Anak

Masalah deman pada anak sangatlah umum. Orang tua selaku sudah pernah mengalami dan diajarkan cara menangani merasa sangat tahu akan seluk beluk demam anak. Namun ternyata ada beberapa hal yang masih tetap harus diluruskan.

Beberapa  Mitos Demam Anak

Berikut ini beberapa mitos demam anak yang sudah menjadi pengetahuan umum namun ternyata ada sedikit kesalahpahaman sehingga harus diluruskan:

Tubuh Anak Selalu Panas?

demam anakAnak memiliki panas tubuh di atas rata – rata orang dewasa. Jangan heran bila setiap kali Anda memeriksa dengan menggunakan tangan, Anda akan sering kali merasakan bahwa anak demam karna tubuhnya hangat.

Untuk mengetahui anak demam atau tidak secara pasti. Gunakan ukuran yang biasanya digunakan dokter anak. Rata – rata panas tubuh anak maksimal adalah 100.5 derajat Fahrenheit, bila lebih dari itu berarti anak sedang demam.

Anak Demam berarti Gawat?

Anda mungkin akan terkejut menemukan bahwa demam ternyata terjadi karena tubuh sedang melawan infeksi. Tubuh memutuskan untuk menaikan suhu tubuh agar bisa menghancurkan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Suhu demam anak yang dianggap normal atau baik adalah  maksimal 103 derajat Fahrenheit. Sedangkan untuk orang dewasa: maksimal 106 derajat Fahrenheit. Lebih dari itu? cari dokter.

Perlu diingat bahwa demam lebih baik tidak melebihi 3 hari. Bila demam sudah terjadi lebih dari 3 hari, disarankan berkonsultan dengan dokter anak.

Hanya Boleh Menggunakan Kompres Handuk?

Sekarang orang tua diberikan 2 pilihan kompres yaitu Fever patch (contohnya : fever patch plester penurun demam dari Rohto) atau menggunakan handuk hangat.  Disarankan menganti fever patch atau handuk hangat 1-2 jam sekali agar kerja kompres ini bisa maksimal.

Mengukur Suhu Tubuh Anak di Ketiak dan Telinga?

Mengukur suhu tubuh anak atau bayi di atas 5 bulan memang bisa menggunakan lokasi tubuh ketiak dan telinga. Namun untuk anak di bawah umur 5 bulan (masih bayi), disarankan hanya memeriksa suhu tubuh melalui dubur.

Harus Minum Obat Penurun Panas?

Jangan sembarangan mengkonsumsi obat setiap kali demam. Ingat demam terjadi karena tubuh sedang melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Untuk demam biasa, orang tua hanya perlu membuat buah hati merasa nyaman walauoun dia sedang demam.

Cara efektif dan alami adalah

  • Perbanyak konsumsi air putih
  • Makan makanan yang bergizi (buah, sayur, jus tanpa pemanis, dll)
  • Banyak istirahat
  • Lakukan kompres pada dahi
  • Jangan mengenakan pakaian dan selimut tebal karena tidak nyaman

Bila ingin minum obat pun pastikan obat tersebut bukanlah obat penurun panas melainkan obat yang membantu tubuh untuk lebih nyaman walaupun suhu tubuh tidak berubah banyak.

sampai disini dulu urasan mitos demam anak. Sampai jumpa lagi di artikel informasi kesehatan anak lainnya. -hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s