Sejarah Pemanas Air Bertenaga Surya

Pemanas air bertenaga surya dikenal juga dengan nama Solar Water Heater (dalam Bahasa Inggris) merupakan perangkat khusus yang digunakan untuk memanaskan / meningkatkan suhu air. Banyak orang yang bertanya sejak kapan perangkat khusus ini diciptakan dan siapa yang menciptakannya. Saatnya pertanyaan – pertanyaan sejarah pemanas air bertanaga surya terjawab.

Sejarah Solar Water Heater

Sebelum adanya pemanas air tenaga surya, tentunya perangkat pemanas air yang pertama kali diciptakan adalah water heater biasa. Water heater biasa ini diciptakan pad atahun 1870 oleh seorang penemu Inggris bernama Maughan. Walaupun banyak orang yang tidak mengatahuinya, penemuannya ini mempengaruhi Edwin Ruud, insinyur mekanik Norwegia yang berhasil membuat penyimpanan air secara otomatis untuk water heater.

Pemanas Air Bertenaga Surya Pertama

Sejarah Pemanas Air Bertenaga SuryaPemanas air tenaga surya komersial pertama dipantenkan pada tahun 1891. Dalam hanya 5 tahun, 30 persen dari seluruh rumah di Pasadena, California sudah memiliki pemanas air tenaga surya sendiri. Pada tahun 1896, terdapat sebuang tangki air yang ditutup dengan kotak kayu sehingga terciptalah pemanas air baych di Clarence Kemp of Baltimore Amerika Serikat.

Pada tahun 1930, bisnis pemanas air tenaga surya berkembang dengan pesat di Florida.Namun pada masa Perang Dunia II, kekurangan tembaga dan tawaran dari perasahaan listrik membuat banyak orang beralih ke pemanas air bertenaga listrik. Pemanas air tenaga surya banyak digunakan kembali setelah tahun 1960 terutama setelah terjadinya krisis minyak pada tahun 1973

Pemanas Air di Mediterania

Tidak hanya Amerika Serikat saja yang memiliki pemanas air tenaga surya. Ternyata negara Israel serta Siprus merupakan 2 negara yang memiliki penggunana pemanas air tenaga surya terbanyak. Pada tahun 1950 terjadi kekurangan bahan bakar di Israel yang membuat pemerintah mengeluarkan larangan khusus untuk memanaskan air dari jam 10 malam – jam 6 pagi.

Agar rakyat tetap bisa menikmati air panas, Levi Yissar membuat prototipe pemanas air tenaga surya pertama yang kemudian dipasarkan pada tahun 1953 melalui perusahaan yang didirikan pada tahun yang sama, NerYah. Namun pada saat itu hanya sekitar 20% penduduk yang menggunakan alat tersebut. Dengan adanya krisis energi pada tahun 1970, maka Knesset Israel mengeluarkan perintah bahwa setiap rumah baru hanya boleh menggunakan pemanas air tenagas surya pada tahun 1980. Dengan adanya peraturan ini negara Israel berhasil menghemat setidaknya 2 juta barel minyak per tahun.

Bisa dibilang dikarenakan ada orang – orang yang menemukannya, kita bisa menikmati kemudahan untuk mendapatkan air hangat / panas. Dengan menggunakan pemanas air bertenaga surya akan lebih hemat energi dan mengurangi penyebab polusi karena menggunakan bahan bakar untuk memasak air. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s