Menjadi Seorang Distributor AC

Air conditioner atau ac sudah menjadi kebutuhan terutama untuk negara – negara tropis seperti Indonesia. Jadi bisa dibilang bisnis distributor Air Conditioner cukup menjanjikan. Apalagi sekarang, udara semakin panas. Namun gimana caranya menjadi seorang distributor?

Tips Menjadi Distributor AC

Berikut ini beberapa tips yang untuk menjadi seorang distributor Air Conditioner:

  • distributor acCari tahu dulu produk AC apa yang akan Anda distributorkan. Jangan lupa check dan pelajari syarat serta ketentuan menjadi distributornya. Untuk menjadi seorang distributor tidaklah gampang karena Anda harus bisa memenuhi ketentuan yang mereka berikan.
  • Tentukan target pasar yang diincar. Taget pasar kalangan menegah atau atas; rumah atau kantor dan lainnya. Tentu saja setiap perusahaan menawarkan produk yang berbeda untuk setiap target pasar mereka.
  • Dalam pemilihan produk AC, sangat disarankan memilih merek yang menawarkan produk go green, hemat energi dan awet. Zaman ini, kita sedang melawan masalah Global Warming dan semakin meningkatknya biaya hidup namun tidak tertutup kemungkinan konsumer memilih AC yang murah. Untuk pastinya lakukan riset pasar sebelum memilih produk jualan.
  • Cari relasi bisnis yang bisa membantu Anda bertemu dengan produsen AC incaran Anda. Tanpa relasi bisnis yang tepat, Anda akan susah bertemu dan menegoisasikan bisnis dengan mereka. Dengan adanya relasi bisnis, distribusi AC bisa berjalan dengan lancar.
  • Hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah dana. Dana yang dibutuhkan untuk menjadi seorang distributor tidaklah kecil. Memang dana bisa didapatkan dengan meminjam (kredit) dengan bank namun disarankan sebagian besar menggunakan modal pribadi. Ingat pinjaman itu akan berbunga terus menerus bila tidak dilunasi. Semakin lama dan banyak pinjaman Anda, semakin besar juga hutang yang harus dibayar oleh Anda.
  • Tempat untuk menampung barang jualan. Kebanyakan produsen tidak menyediahkan sistem PO jadi mau tak mau, Anda haus menyetok barang jualan Anda. Pastikan Anda memiliki tempat untuk menyimpannya. Kalau bisa cari lokasi yang aman dan jarang terjadi kebakaran dari dulu.
  • Anda harus tahu kemana Anda akan mendistribusikan barang. Sudah memiliki jaringan pemasok tetapi tidak ada jaringan untuk menjual barang Anda juga percuma karena nantinya tidak ada laba yang didapatkan. Disarankan membangun networking untuk menjual produk.
  • Bagun fondasi perusahaan dari sistem manajemen, keuangan dan lainnya. Pelajari apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah perusahaan distributor AC. Jangan malu bertanya atau bekerja dengan orang lain.

Semoga artikel menjadi seorang distributor AC ini membantu. –hm-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s