Sosok Dibalik Kesuksesan Aquaproof

Aquaproof sudah dikenal sebagai cat anti bocor Indonesia terbaik hingga saat ini. Hanya kecil kemungkinan orang belum pernah mendengar nama Aquaproof. Dibalik nama besar ini, pastinya ada orang yang membangunnya tanpa kenal lelah. Untuk Aquaproof, orang yang membangunnya adalah seorang pria bernama Herman Moeliana.

Bila nama Aquaproof sering kedengaran, mungkin sebagaian besar orang belum begitu mengenal pak Herman ini sebagai penemu Aquaproof. Kebanyakan orang hanya tahu bahwa pak Herman adalah seorang Direktur dari PT Inter Aneka Lestari Kimia, produsen Aquaproof. Memang nama penciptanya sendiri kurang populer bila dibandingkan dengan produk hasil ciptaannya, cat anti bocor Aquaproof.

Perjuangan Herman Moeliana untuk Sukses

Herman MoelianaHerman Moeliana merupakan seorang anak yang pintar sejak kecil. Pria kelahiran bandung ini sejak kecil sudah membantu usaha orang tua, sebuah toko kebutuhan rumah tangga yang menjual balsem hingga bahan – bahan pembuat kue. Pria yang lahir 1945 ini pun diajar oleh ayahnya yang lulusan SD cara meramu bahan yang kebanyakan adalah hasil ekstrak tumbuhan. Tidak butuh waktu lama bagi pak Herman untuk jatuh cinta akan ilmu kimia.

Karena kecintaannya akan ilmu kimia, pak Herman memutuskan untuk meneruskan kuliah di ITB dengan jurusan Teknik Kimia. Pada awalnya, ayahnya melarang karena keuangan keluarga mereka tidak mampu menyekolahkan pak Herman hingga kuliah. Menyadari hal itu, pak Herman tidak menyerah. Akhirnya sambil kuliah, beliau bekerja serabutan agar bisa membiaya kuliahnya sendiri. Selain bekerja dengan orang lain, beliau di sela–sela waktunya tetap membantu toko ayahnya.

Setelah lulus kuliah, pak Herman mencari pekerjaan di perusahaan kimia multinasional. Pada tahun 1972, mimpinya tercapai. Beliau bekerja di Imperial Chemical Industries (ICI) yang merupakan sebuah perusahaan dari Inggris. Tiga (3) tahun lamanya, beliau bekerja sebagai tenaga penjual kemudian beliau pindah ke perusahaan kimia asal Jepang untuk memperdalam pengetahuannya akan kimia.

Tidak sampai 6 bulan, pak Herman memutuskan untuk keluar dan membangun bisnisnya sendiri. Dengan 4 partner, beliau membangun sebuah perusahaan jual beli bahan kimia yang bernama ‘Linsi’. Namun sayang setelah 4 tahun berjalan, pak Herman selaku direktur operasional merasa tujuan bisnis mereka sudah tidak sama lagi. Pak Herman tidak hanya ini trading barang tetapi juga menciptakan sesuatu.

Pada tahun 1980, dengan modal Rp 50 juta, pak Herman bersama 3 rekan barunya membangun perusahaan United Chemicals. Perusahaan baru ini dibangun dengan bisai menggarap bisnis jual beli bahan kimia dasar. Beliau menjadi pemilik dan tenaga pemasaran sekaligus. Pada saat itu perusahaan baru ini hanya memiliki 8 karyawan, termasuk di dalamnya pak herman.

Kemudian pada tahun 1983, pak Herman dengan modal sendiri mendirikan PT Inter Aneka Kimia Lestari. Pada saat itu pak Herman sudah menemukan cara membuat Aquaproof dan membuktikan bahwa cat anti bocor tersebut memang ampuh menahan bocor. Sejak saat itu nama Aquaproof semakin terkenal dan dipergunakan secara luas.

Sejarah Munculnya Cat Anti Bocor Aquaproof

cat anti bocor AquaproofIde menciptakan Aquaproof muncul karena pak Herman penasaran saat beliau membetulkan atap rumah di kawasan Roxy, Jakarta Barat. Dengan sengaja tidak memanggil tukang untuk membetulkan atap, pak Herman mulai berinovasi mencari cara mengatasi masalah ini dengan menggunakan berbagai campuran bahan kimia.

Tentu saja hal ini tidak mudah, beliau melakukan serangkaian penelitian, percobaan hingga perakitan mesin cat anti bocor. Dalam berbagai percobaannya, beliau sudah menggunakan aspal, serat plastik, karet dan bahan lainnya hingga akhirnya menemukan komposisi yang tepat. Waktu yang dihabiskan beliau tidaklah sedikit, butuh 2 tahun ketekunan. Tidak segan – segan, beliau naik turun genteng dan menunggu hujan turun untuk membuktikan keberhasilan buah karyanya.

Pada awal cat anti bocor Aquaproof masuk kepasaran, pak Herman memdemokan langsung kepada para tukang dan pemilik bagunan mengenai cara kerja waterproof coating­ Aquaproof buatannya. Untuk melakukan demo ini, biasanya pak Herman akan membawa sehelai kain dan besek (wadah yang terbuat dari anyaman bamboo). Pada saat demo, kain dan besek dilapisi cat Aquaproof kemudian disiram air. Setelah berhari – hari tidak bocor, calon pembeli percaya.

Jadi sosok dibalik kesuksesan cat anti bocor Aquaproof adalah seorang pria Indonesia yang bernama Herman Moeliana. Cat Anti Bocor Aquaproof, buah karya anak bangsa untuk Indonesia. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s