Mengobati Tumor Otak Tanpa Pisau Bedah

tumor otak

Tumor otak merupakan penyakit dimana adanya sel abnormal pada otak. Sel abnormal bisa bersifat ganas (menyerang sel sehat lainnya) atau jinak (membesar namun tidak menyerang sel lain). Dulu bedah otak merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk mengeluarkan sel abnormal tersebut. Atau menggunakan pengobatan kemotrapi. Dengan berkembangnya pengetahuan serta teknologi, sekarang sudah ada cara pengobatan baru tanpa perlu membuka bagian kepala dengan pisau bedah.

Cara baru ini disebut dengan nama Gamma Knife, alat terapi bedah radiasi non-invasif. Walaupun ada kata ‘knife/ pisau” pada namanya, Gamma Knife sama sekali tidak menggunakan pisau. Gamma Knife menggunakan setidaknya 192 sinar radiasi sebagai senjata untuk melawan sel dan jaringan abnormal pada otak.

Asal Usul Munculnya Alat pengobatan Tumor Otak Gamma Knife

gamma knifePencipta Gamma Knie adalah seorang ahli Bedah Saraf yang berasal dari Swedia, Professor Lars Leksell. Penemuannya diumumkan pada tahun 1968. Pada awalnya alat Gamma Knife sudah bisa menjalankan fungsinya walaupun tidak sempurna seperti peralatan Gamma Knife sekarang ini. Sejak peluncurannya ke pasaran, Gamma Knife sudah menyandang gelar Operasi Tanpa Pisau Bedah.

Gamma Knife tidak hanya bisa digunakan untuk menyembuhkan tumor otak. Pembuatnya memang menaruh harapan yang tinggi. Bisa dibilang sinar terapi Gamma Knife dapat digunakan untuk memperbaiki kelainan – kelainan pada otak selain tumor dan kanker otak.

Keuntungan Menggunakan Sinar Radiasi Gamma Knife

  • Operasi lebih cepat karena tidak perlu adanya pembedahan sehingga waktu untuk operasi sangat singkat bila dibadingkan operasi otak. Dengan begitu, Anda tidak perlu buang – buang waktu terlalu banyak di rumah sakit. Untuk operasi ini, Anda biasanya cukup hanya menginap 3 hari 2 malam di rumah sakit. Untuk operasi bedah, Anda bisa menghabiskan lebih dari seminggu di rumah sakit.
  • Ketepatan radiosurgery Gamma Knife sangat tinggi karena dibantu oleh kerangka 3-D sehigga sangat kecil kemungkinan merusak jaringan atau sel otak yang sehat. Kerangka 3-D dirancang khusus agar bisa memberikan pencitraan lokasi target pada dokter.
  • Efek samping yang sedikit. Efek samping ini berbeda – beda untuk setiap pasien tergantung dengan kondisi tubuh mereka sendiri. Kebanyakan pasien hanya merasa pusing dan mual hanya untuk sehari namun tidak tertutup kemungkinan efek samping itu terasa hingga 3-4 hari setelah operasi diselesai. Bila sudah lebih dari 5-7 hari, disarankan berkonsultasi dengan dokter yang menangani Anda.
  • Tidak adanya bekas luka. Dikarenakan operasi ini hanya menggunakan sinar radiasi Gamma dan bukannya pisau bedah, Anda tidak perlu khawatir akan bekas luka yang biasanya timbul karena operasi menggunakan pisau bedah. Tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menghilangkan bekas luka.

Semoga artikel mengobati tumor otak tanpa pisau bedah ini membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s