Tips Merawat Peralatan Masak Anda

Peralatan memasak adalah peralatan yang penting bagi rumah tangga karena dengan peralatan inilah makanan untuk setiap anggota dibuat. Makanan merupakan sumber energi agar setiap anggota bisa melakukan setiap kegiatannya dengan baik. Sehingga peralatan ini harus dirawat dengan baik. Peralatan yang sederhana ini tampak sederhana namun bila perawatannya salah, peralatan masak Anda akan cepat rusak.

Tips untuk Merawat Peralatan Memasak

Berikut ini ada 2 tips merawat perawatan memasak :

Merawat Peralatan Memasak Secara Umum

  • peralatan memasakSegera cuci peralatan setelah digunakan. Ini dilakukan untuk mencegah menempelnya minyak atau bahan lainnya pada peralatan terlalu lama.Semakin lama kotoran menempel akan semakin susah dihilangkan. Semakin banyak kotoran yang menumpuk, semakin cepat peralatan Anda rusak.
  • Cuci menggunakan spon busa karena spon busa tidak bersifat abrasive atau mengikis permukan peralatan sehingga permukaannya tidak akan menipis. Pada saat mencuci, jangan lupa menggunakan sabun kusus cuci piring dengan busa yang banyak. Sebisa mungkin carilah sabun cuci piring yang berbau jeruk nipis karena jeruk nipis bisa menghilangkan bau amis.
  • Untuk barang – barang yang terbalut oleh minyak, mentega atau margarin; gunakan air panas. Rendam peralatan dengan air panas selama +/- 5 menit, bilas lalu cuci seperti biasa. Dijamin minyak, mentega dan margarinnya bakal hilang.  Cara ini tidak boleh digunakan untuk peralatan dengan bahan anti lengket.
  • Bilaskan peralatan hingga bersih dari sabun. Jangan biarkan sedikitpun busa yang tertinggal. Selain membuat permukaan peralatan menjadi kotor, busa juga mengandung kimia yang disarankan tidak dikonsumsi.
  • Keringkan menggunakan di rak piring 3-4 jam. Sebelum menyusunnya ke dalam lemari peralatan memasak, pastikan peralatan sudah kering. Bila sudah belum kering, gunakan kain bersih yang kering. Ingat, harus kering baget baru boleh di simpan ke lemari.

Merawatan Peralatan Memasak Secara Khusus

Peralatan Stainless Steel

  • Untuk peralatan yang terbuat dari stainless steel sangat disarankan untuk dicuci dengan tangan daripada mesin pencuci piring. Unruk menghilangkan noda para peralatan jenis ini bisa menggunakan air sabun hangat.
  • Bila noda tersebut sangat membandel, lumurin permukaan yang bernoda dengan saus tomat atau lemon. Biarkan saus tomat atau lemon selama 10 menit. Kemudian bersihkan dengan kain atau tisu kemudian bilas dengan air hangat.

Membersihkan Microwave Oven

Untuk microwave, Anda perlu

  • Mencampurkan 2 sdm air lemon / cuka dengan 2 cangkir air di dalam sebuah mangkok tahan panas
  • Panggang air selama 2 menit dengan microwave  yang ingin dibersihkan
  • Setelah 2 menit, keluarkan mangkok tersebut dan biarkan bagian dalam microwave dingin agar mudah dibersihkan dengan lap kering.

Membersihkan Blender

Untuk membersihkan blender, Anda cukup

  • Mengisi ½ blender dengan air dan 5 tetes sabun pencuci piring
  • Tutup bagian atas blender kemudian hidupkan blender selama 1-2 menit
  • Keluarkan air dan bilas dengan air bersih

Semoga artikel ini membantu, jangan lupa jangan menggunakan sabun pencuci piring atau peralatan mencuci lainnya yang mengikis permukaan peralatan memasak Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s