Mencegah Gangguan Pernafasan

penyakit pernafasanGangguan atau Penyakit Pernafasan dapat menyerah siap saja dan kapan saja. Semakin udara di sekitar kotor, semakin cepat Anda mengalami gangguan pernafasan. Gangguan pernafasan merupakan penyakit yang fatar. Anda sebagai manusia memiliki sistem pernafasan untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Tubuh membutuhkan oksigen agar bisa berfungsi dengan baik.

Kebanyakan penyakit pernafasan akan menyebabkan sistem pernafasan tidak bisa melakukan tugas memasok oksigen dengan baik. Hal ini bisa diartikan sangat berbahaya bagi tubuh. Tanpa oksigen, tubuh akan mati. Untuk mencegahnya, Anda perlu melalukan berbagai pencegahan dini,

Pencegahan Dini Dari Penyakit Pernafasan

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk pencegahan dini dari penyakit pernafasan:

Perhatikan Asupan Tubuh

  • Konsumsi banyak air putih. Air putih tidak hanya dapat mencegah dehidrasi tetapi juga membantu membersihkan racun dan kotoran dari dalam tubuh. Setidanya Anda perlu konsumsi air 1,5 liter – 2 liter perhari.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C agar bisa menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Gunakan Masker

Gunakan masker secara teratur pada saat Anda berpergian terutama Anda akan melalui jalan-jalan yang penuh dengan debu, asap knapot, gas dan lainnya. Hal ini dilakukan agar debu, asap dan lainnya tidak masuk ke dalam paru-paru.

Udara Segar di Rumah

  • Pastikan rumah Anda memiliki udara bersih. Gimana cara menciptakan udara bersih? Caranya lumayan gampang, Anda hanya perlu melakukan penghijauan. Tanam berbagai jenis tanaman dari tanaman bunga, tanaman buah atau pohong; Anda bisa pilih mau nanam apa di perkarangan terutama bagian depan rumah. Tanaman bisa untuk mengantisipasi debu masuk kerumah. Selain itu tanaman juga dikenal sebagai salah satu penghasil oksigen.
  • Rajin membersihkan rumah agar tidak ada debu yang menumpuk. Debu bisa menyebabkan penyakit pernafasan seperti asma, flu dan lainnya. Setidaknya satu minggu sekali, bersihkan semua bagian rumah dari rak hingga lantai. Anda bisa menggunakan sapu atau vacuum cleaner.

Hindari Rokok dan Alkohol

  • Rokok bisa menyebabkan kanker paru-paru dan kerusakan sistem pernafasan terutama untuk perokok fasif. Sayangi keluarga dan diri Anda.
  • Hindari minuman beralkohol karena alkohol bisa mengeringan sistem pernafasan sehingga memudahkan bakteri menempel dan berkembang. Semakin banyak bakteri yang menempel, semakin cepat Anda mengalami gangguan pernafasan.

Semoga tips di atas membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s