Mensterilkan Alat Kesehatan

Dalam mempergunakan alat kesehatan diperlukan proses sterilisasi terlebih dahhulu agar lebih aman saat digunakan. Sterilisasi adalah istilah yang digunakan untuk proses membersihkan alat kesehatan yang biasanya penggunaannya berkontakan langsung dengan aliran darah, organ tubuh dalam manusia, cairan tubuh atau jaringan tubuh

Langkah Pembersihan Alat Kesehatan

Langkah Pre-Cleaning Sebelum Sterilisasi

Proses sterilisasi merupakan proses membersihkan dengan cara “Menghancurkan”, “Membunuh” atau “Mematikan” semua bentuk endospore. Sebelum melakukan proses sterilisasi, berikut ini beberapa langkah pendahulu yang perlu dilakukan:

Dekontaminasi

Cara menurunkan jumlah mikroorganisme pada alat agar aman ditangani oleh staf sebelum dibersihkan atau dilanjutkan ke proses pre-cleaning selanjutnya. Biasanya pada proses dekontaminasi, peralatan direndam dalam nampan yang berisikan deterjen khusus. Air rendaman harus diganti setiap kali menjadi keluh atau 24 jam sekali.

Pencucian dan Pembilasan

Membersihkan kontaminan seperti nanah, pus debu, tanah, tinja, darah serta sebagian besar mikroorganisme terutama endospora pada peralatan yang sudah digunakan. Pada proses ini diperlukan deterjen dan sikat halus. Proses ini pasti harus dilakukan karena merupakan proses pre-cleaning yang bisa membersihkan endospora yang merupakan bakteri penyebab tetanus.

Disinfeksi Tingkat Tinggi

Pproses untuk membunuh mikroba cuma sayang proses ini tidak bisa menghancurkan bakteri endospora. Dalam peroses ini, ada 3 cara yang bisa digunakan yaitu

Merebus Dengan Air Mendidih

Gunakan panci dan panaskan air hingga menjadi mendidih. Ketika air mendidih, masukan semua alat kesehatan dan pastinya semua terendam barulah ditutup rapat. Rebus selama kurang lebih 20 menit. Peralatan yang sudah direbus harus dikeringkan baru bisa digunakan atau disimpan di wadah tertutup serta kering yang sudah disinfeksi. Umur penyimpanan alat yang sudah direbus adalah 1 minggu. Setelah 1 minggu, mohon mengulangi proses pembersihan alat.

Mengukus Peralatan Kesehatan

Kukus dengan panci khusus selama 20 menit. Pada saat air sudah mendidih dan pengukusan peralatan dimulai, kecilkan api agar air tetap mendidih. Keringkan dalam wadah yang sudah disinfeksi.

Menggunakan Bahan Kimia

Mensterilkan Alat KesehatanCara ini menggunakan berbagai campuran bahan kimia khusus. Barang yang sudah di dekontaminasi, cuci serta bilas dan dikeringkan akan di rendam dengan larutan kimia selama kurang lebih 20 menit. Kemudian peralatan yang sudah direndam akan dibilas dengan air mendidih. Keringkan lalu disimpan di wadah kering yang sudah di disinfeksi.

Proses Sterilisasi

Proses ini dapat menghancurkan dan membunuh semua mikroorganisme pada peralatan. Beberapa metode sterilisasi yang bisa dilakukan adalah:

Metode Fisik

  • Panas  -> biasanya menggunakan oven, incinerator, direbus, dibakar atau autoclave steam
  • Rediasi -> menggunakan sinar gama atau sinar UV
  • Filtrasi

Metode Kimia

  • Dingin -> perendaman
  • Gas

Biasanya pemilihan metode sterilisasi ini disesuaikan dengan ukuran mikroorganisme, komposisi mikroorganisme dan waktu yang berikan untuk mensterilisasikan alat kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s