Memilih Pemanas Air Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Pemanas air sudah menjadi salah satu perlengkapan rumah tangga untuk setiap rumah terutama untuk rumah –rumah yang baru dibangun. Dengan adanya alat water heater ini, Anda bisa mendapatkan air hangat kapan saja baik itu pagi, siang, sore ataupun malam. Keuntungan lainnya adalah, Anda tidak perlu memasak air terlebih dahulu untuk ketika Anda ingin mandi air hangat. Bisa dibilang dengan adanya alat ini, Anda sudah menghemat waktu setidanya beberapa menit lah.

Tips Memilih Pemanas Air

Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilih pemanas air:

Budget

Tentukan dulu budget yang akan Anda keluarkan untuk membeli peralatan water heater. Setiap water heater memiliki harga yang berbeda-beda. Biasanya semakin besar dan canggih semakin mahal harga water heater tersebut.

Pemanas Air Bertangki atau Tidak

Apakah Anda memiliki tempat untuk tangki atau tidak. Bila ada, Anda bisa memilih water heater yang bertangki. Namun Anda perlu tahu bahwa tangki water heater harus dibersihkan secara rutin agar tidak berjamur dan tidak ada edapan kotoran di tangki. Bila tidak rajin, lebih baik jangan memilih yang bertangki.

Sumber Tenaga Water Heater

Berdasarkan sumber tenaga/ energinya, peralatan pemanas air ini terbagi menjadi tenagar surya, gas dan listrik. Sumber tenaga ini menjadi pertimbangan karena menyakut biaya operasional, perawatan dan biaya yang dikeluarkan awal untuk pembeliannya. Dalam memilih sumber energi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan

  • pemanas airWater heater tenaga listrik – Bila memilih ini, Anda harus memastikan daya listrik di rumah Anda memang besar atau cukup untuk menjalankan mesin ini. Bila daya listrik tidak cukup maka skring listrik akan sering jatuh.
  • Water heater tenaga gas – memerlukan pipa penghubung tabung gas ke mesin water heater. Selain itu diperlukan dan maintance rutin. Sangat disarankan jangan sembarang memasang jenis water heater tanpa bantuan ahli karena pada saat proses pembakarannya, mesin ini mengubah oksigen menjadi karbon dioksidan sehingga perlu saluran pembuangnya.
  • Water heater tenaga surya – bisa dibilang cukup mahal namun biaya operasionalnya sangat kecil dibandingkan jenis water heater lainnya. Anda hanya perlu membuata ahli untuk rutin melakukan pengontrolan agar alat pemanas air ini awet.

Semoga artikel memilih pemanas air yang tepat untuk rumah Anda membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s