Jenis Kertas Dalam Digital Printing

Dalam dunia bisnis digital printing, kualitas hasil sangat diperhatikan. Dalam memastikan hasil cetak yang dihasilkan memang berkulitas, dua hal yang perlu diperhatikan adalah warna dan kertas. Untuk warna, pastikan kita memiliki banyak pilihan warna. Sedangkan untuk kertas, kita perlu tahu bahwa ada beberapa jenis kertas yang digunakan dalam digital printing.

Kertas Dalam Dunia Digital Printing

Artpaper dan Artcarton

Kertas ini merupakan kertas standar yang paling banyak digunakan. Jenis kertas ini sangat cocok digunakan hampir semua jenis cetakan yang penuh dengan warna terutama gambar yang membutuhkan permukaan semi kilap. Perbedaan antara artpaper dan artcarton hanyalah pada ketebalannya. Artcarton lebih tebal daripada artpaper.

Concord

kertas digital printingPermukaan kertas ini berserat dan bergelombang tidak beraturan. Jenis kertas ini lebih lembek bila dibandingkan dengan kertas Conqueror. Karena lebih lembek, kertas ini lebih mudah dilipat. Namun perlu kita ketahui bahwa pada bagian yang dilipat akan terlihat texture yang patah-patah.

Conqueror

Conqueror sendiri terbagi menjadi 2 tipe yaitu Conqueror woven dan laid brilliant. Jenis ketebalan dan warnanya berbeda-beda. Untuk saat ini, harga kerta ini masih tinggi dikarenakan kertas ini adalah kertas import. Permukaan kertas ini tidalah licin melainkan bergelombang dan berserat.

Dunplex

Permukan salah satu sisi kertas Dunplex berwarna putih dan sisi lainya berwarna abu-abu. Karakteristik ini yang membuat dia sangat berbeda dengan jenis kertas lainnya. Biasanya kertas tebal ini digunakan untuk pembuat box.

Flexy / Vynil Frontlite & Backlite

Kertas yang berbahan plastik. Jenis kertas ini pada umumnya digunakan untuk pembuatan banner, billboard atau spanduk.

HVS

Kertas yang paling banyak digunakan baik di kantor maupun di kampus. Selain digunakan untuk percetakan, jenis kertas ini juga digunakan untuk fotocopy. Pada umumnya kertas ini memiliki 1 warna yaitu putih, namun sekarang sudah banyak hvs berwarna yang di pasaran. Jenis kertas ini memiliki ketebalan beragam dari 58, 60, 70, 80 dan 100 gsm.

Ivory

Kertas Ivory bisa dibilang mirip dengan kertas Artcarton dan Artpaper. Perbedaanya adalah 1 sisi kertas ini berwarna putih cerah, licin dan sedikit mengkilap sedangkan sisilainya putih doff. Jenis kertas ini banyak digunakan untuk tas kertas (paper bag), kotak kosmetik dan label harga.

Matt Paper

Karakteristik kertas ini mirip dengan Artcarton dan Artpaper. Perbedaanya adalah permukaan kertas ini semi doff alias tidak mengkilat dan daya serap kertas ini akan tinta lebih cepat. Untuk harga, kertas ini memang lebih mahal bila dibandingkan dengan Artcarton dan Artpaper.

NCR (Nice Carbon)

Kertas ini mengandung karbonus sehingga bisa menduplikasi huruf atau angka yang ditulis di atasnya. Biasanya kertas ini digunakan untuk faktur penjual atau bon.

Samson Kraft

Jenis kertas ini terbuat dari peroses daur ulang sehingga warnanya agak coklat. Kesan klasik pada kertas ini membuatnya banyak digunakan sebagai bahan pembungkus, tas kertas dan lainnya.

Semoga artikel informasi jenis kertas digital printing ini dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s