Hal yang Diperhatikan dalam Cetak Banner

Dalam proses cetak banner, kita harus memperhatikan pengaturan warnanya. Bila pengaturan warnanya tidak tepat, warna hasil cetakan tidak akan sesuai dengan apa yang ada yang sudah didesain oleh kita di dekstop. Bila hasilnya begitu, mau tak mau kita harus mengcetaknya ulang hingga hasil warnanya sesuai dengan harapan. Alhasil uang yang dikeluarkan lebih banyak dari budget yang telah kita siapkan.

Warna Cetak Brosur

cetak bannerGimana cara mengatur warna cetak brosur? Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah komposisi warna pada gambar. Dan pastikan format warna pada gambar tersebut adalah CMYK bukan RGB. Apa itu CMYK? CMYK adalah singkatan dari warna tinta dasar printer yang banyak digunakan. Kepanjangan dari CMYK adalah Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Warna-warna dasar inilah yang dapat menghasilkan perpaduan warna sebuah gambar lebih baik.

Jadi sebelum dicetak, pastikan settingan warna sudah CMYK. Nah setelah setting warna diubah, kita akan melihat dengan jelas bahwa terjadi penurunan pada warna-warna tertentu. Dari sini kita bisa tahu nanti warna hasil cetakan gimana.  Seadainya warna tidak sesuai dengan keinginan kita, pada saat itu juga kita langsung bisa mengubahnya sehingga tidak perlu buang-buang uang dan waktu,

Kertas Cetak Branner

Selain warna, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah kertas yang kita pilih. Kertas yang berbeda (glossy dan dove) bisa menghasilkan warna yang berbeda. Jadi kita harus memilih kertas yang memang tidak akan menurunkan kualitas warna.

Jenis kertas yang paling sering digunakan untuk Banner adalah kertas jenis Flexy, Vynil Frontlite & Backlite. Jenis kertas ini berbahan plastik sehingga permukaannya agak glossy dan licin. Selain jenis kertas, hal yang perlu diperhatian apakah kertas tersebut cocok untuk outdoor atau indoor. Beberapa jenis kertas hanya cocok digunakan untuk indoor.

Agar tidak salah pilih, disarankan langsung bertanya kepada pencetakan yang sudah kita pilih untuk cetak branner yang sudah desain. Semoga informasi hal yang diperhatikan dalam cetak banner ini dapat membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s