Buat Gitar Akustik Anda Tetap Awet

Banyak yang berpikir gitar akustik merupakan alat musik yang perawatannya mudah. Padahal anggapan itu tidaklah benar. Gitar merupakan peralatan musik yang terbuat dari kayu dan senar. Tanpa dirawat dengan baik, kejadian seperti senar putus, senar kayu lapuk, cat pelapis hilang bisa saja terjadi pada gitar akustik kesayangan Anda.

Gimana cara menghindari masalah ini? Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat gitar akustik Anda awet:

Suhu dan Kelembaban Ruang

gitar akustikSetiap gitar biasanya dilengkapi dengan catatan berapa suhu dan kelembaban ruangan yang cocok untuk gitar yang Anda beli. Pada umumnya suhu idealnya adalah 18-27 derajat celcius sedangkan untuk kelembaban adalah 45-55 derajat celcius. Gitar akan memiliki performa yang baik ketika disimpan diruangan dengan suhu dan kelembaban yang tepat.

Pastikan ruangan tersebut memiliki silkulasi udara yang baik sehingga pertukaran udara dari dalam dan luar ruangan berjalan dengan baik. Jika silkulasi udara kurang sehingga udara terlalu lembab, gunakan silica gel untuk menurunkan kelembapan. Jika terlalu kering, pastikan nyalakan AC atau Kipas.

Meletakan Gitar Dengan Baik

Jangan sembarang menaruh gitar Anda. Hindari menyandarkannya ke bidang vertikal yang licik seperti dinding atau tembok. Dan hindari juga menyimpan ditempat horizontal yang tinggi seperti diatas lemari di mana gitar rawan terjatuh. Sudah tidak terhitung kasus dimana gitar rusak atau patah salah peletakannya. Paling aman letakan langsung dalam case gitar.

Case Gitar Akustik

Case gitar merupakan tempat yang dibuat khusus sebagai rumah gitar. Perlu diingat bahwa case gitar akustik berbeda dengan gitar listrik. Case berfungsi untuk melindungi gitar dari benturan, goresan, gesekan, kotoran dan debu. Jika gitar tidak digunakan untuk waktu lama atau akan dibawa selama perjalanan, sangat disarankan menyimpannya ke dalam case.

Bersihkan Senar Gitar

Setiap kali bermain, bersihkan senar dengan lap. Kenapa perlu dilap setiap habis pakai? Karena tanpa Anda sadari, setiap kali Anda bermain, keringat dari ujung jari akan menumpuk di senar. Dan secara rutin sekali dalam sebulan, gunakan cairan pembersih khusus untuk senar gitar.

Selain bagian senar, tentu saja membersihkan badan (body) gitar terutama bagian fretboard.

Melonggarkan Senar

Anda diharapkan untuk mengendorkan senar gitar jika gitar tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama. Kenapa harus dikendorkan? Hal ini dilakukan untuk menghindari bengkoknya neck gitar. Walaupun kemungkinan masalah ini terjadi, lebih baik mencegahnya terlebih dahulu.

Rajin Ganti Senar

Jika senar sudah mulai berkarat atau mulai menipis, saatnya Anda membulatkan hati untuk mengganti senar gitar akustik kesayangan. Dengan mengganti senar lama dengan senaar baru, suara yang dihasilkan akan lebih jernih. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s