Siapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin

Dana pensiun adalah dana yang dipersiapkan untuk masa tua atau masa ketika kita sudah pensiun. Banyak dari kita menganggap hal ini tidak penting sehingga kita baru mulai mempersiapkan dana pesiun ketika umur sudah memasuki kepala 3. Kita pikirnya “Lebih baik telat daripada tida sama sekali”. Hey pemikiran itu tidak tepat.

Dana pensiun harus disiapkan sedini mungkin. Kalau bisa beberapa bulan setelah bekerja, kita sudah mulai mempersiapkan dana pensiun. Semakin cepat kita mempersiapkannya, semakin banyak jumlah dana pensiun yang dapat dikumpulkan. Ingat biaya hidup setiap tahun semakin naik jadi pada hari tua, bisa-bisa uang Rp 50 rb hanya bisa membeli sebungkus padang. Jadi persiapkan dari sekarang.

Cara Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Gimana cara mempersiapkan dana pensiun? Ada beberapa cara

Asuransi Pensiun

Sekarang sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi pensiun. Tidak hanya perusahaan asuransi swasta, asuransi negara (BPJS) sudah menyediahkan asuransi khusus untuk kesejahtrean hari tua. Apa keuntungan dari asuransi pensiun?

  • asuransi pensiunSudah dilengkapi dengan produk asuransi jiwa
  • Jaminan mendapatkan dana pensiun dari perusahaan asuransi dimana besarnya jumlah dana pesiun yang diberikan disesuaikan dengan besarnya setoran perbulan
  • Setoran wajib setiap bulan sehingga membuat kita pasti menabung untuk hari tua
  • Tidak ada resiko

Klo gitu apa kelemahan dari asuransi pensiun?

  • Harus melakukan setoran secara rutin sesuai dengan tanggal jatuh tempo
  • Tidak bisa ditarik jika ada keperluan mendadak karena tanggal jatuh temponya lama

Menabung

Ada 3 cara menabung yang bisa dipilih yaitu tabungan biasa, tabungan berjangka dan deposito. Untuk bunga, tentu deposito lebih tinggi namun ada minimal setoran yang harus dipenuhi. Keuntungan dari menabung di tabungan biasa, tabungan berjangka dan deposito?

  • Aman dan pasti karena tidak ada resiko yang perlu ditanggung
  • Bisa mudah ditarik jika ada keperluan mendadak untuk tabungan biasa sedangkan untuk deposito dan tabungan berjangka perlu menunggu jatuh tempo yang biasanya tidak lama

Kelemahan dari cara ini adalah:

  • Hasil akhirnya memang kecil karena bunga yang ditawarkan kecil kecuali uang yang kita tabungkan emang sudah banyak baru dapat hasil bunganya lumayan

Investasi

Cara ke-3 ini memang beresiko dan perlu modal namun patut dicoba, kenapa? Karena hasil yang diberikan memang lebih besar daripada asuransi pensiun dan menabung. Bentuk investasi yang bisa dipilih jual beli atau sewa properti, saham, reksadana, ema atau, mata uang luar negeri. Dan yang paling disaranakn adalah properti karena harga tanah setiap tahun selalu naik sehingga hasil akhirnya tentu gede.

Semoga informasi ini membantu😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s