Menjadi Distributor Alat Kesehatan yang Baik

Untuk menjadi seorang distributor alat kesehatan, kita harus memiliki komitmen untuk memastikan bahwa mutu alat kesehatan yang kita jual sama dengan saat diproduksi. Tentu selain mutu, kita harus memastikan alat kesehatan tersebut aman untuk digunakan. Lalu gimana cara menjadi distributor yang baik? Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan berserta dengan pakar dan staik holder sudah menyusun pedoman cara distribusi alat kesehatan yang baik :

  • distributor alat kesehatanSudah memiliki ijin penyaluran alat kesehatan yang didapat dari Departemen Kesehatan. Atau izin cabang dan sub penyalur alat kesehatan dari Dinas kesehatan propinsi.
  • Distributor memiliki bagunan dengan alamat dan lokasi tetap. Dan sangat disarankan lokasi bangunan distributor dilengkapi dengan peta lokasi dan denah bagunanan yang jelas.
  • Bangunan yang digunakan harus didesain sedemikian rupa sehingga dapat melindungi produk dari kontaminasi dan kerusakan yang diakibatkan oleh jamur, sinar matahari dan lainnya. Selain ventilasi udara harus ada.
  • Bangunan harus dilengkapi dengan alarm tanda kebakaran, alat pemadam kebakaran dan tangga darurat untuk memastikan keamanan para stafnya.
  • Kebersihan bagunan harus terjaga dengan baik dan peralatan yang digunakan harus dijaga dan dirawat dengan baik.
  • Distributor alat kesehatan yang baik harus memiliki fasilitas penyimpanan dengan suhu dan kelembaban yang bisa diatur serta dimonitoring.
  • Untuk beberapa produk dengan kondisi khusus, diperlukan beberapa alat penyimpanan khusus sepertu cold room atau lemari es.
  • Pastikan tidak ada serangan atau binatang pengganggu yang dapat masuk ke ruang penyimpanan. Untuk hal ini distributor juga perlu program pengendalian hama.
  • Distributor harus mengambil barang dari sumber yang memang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Jujur dalam melakukan penjualan  dan penyaluran produk. Lakukan semua sesuai dengan prosedur dan catat semua barang yang keluar dan masuk sehingga memudahkan staf dalam pengecekan ketersediaan barang.
  • Pada saat pengiriman barang, pastikan barang dikemas dengan baik dan disesuaikan dengan persyaratan yang ditetapkan untuk tiap jenis produk.

Di atas hanya beberapa pedoman menjadi distributor alat kesehatan yang baik. Masih banyak pedoman-pedoman yang perlu kita ketahui dan pelajari lagi jika ingin memulai bisnis distributor alat kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s