Tips Memasang Rumput Sintentis di Dalam Ruangan

Rumput tiruan atau rumput sintetis biasanya digunakan pada lapangan futsal sebagai pengganti rumput asli yang lebih rumit perawatannya. Sementara rumput sintetis memiliki keunggulan yakni perawatan yang lebih mudah karena tidak memerlukan air atau pupuk, serta lebih tahan lama dibandingkan dengan rumput asli.

rumput sintetisSelain pada lapangan futsal, rumput tiruan kini juga mulai digunakan di rumah-rumah pribadi, baik untuk taman di halaman rumah, maupun untuk ruangan di dalam. Misalnya untuk area bermain atau kamar tidur anak.

Pemasangan rumput tiruan sendiri biasanya memerlukan biaya yang tinggi untuk pertama kalinya. Namun biaya ini bisa diminimalisir dengan cara memasangnya sendiri, yang mungkin sekali dilakukan apalagi bila memasangnya di dalam rumah atau indoor.

Berikut ini cara untuk memasang rumput sintetis di dalam ruangan rumah atau indoor, yakni:

  • Hitunglah luas ruangan yang ingin dipasangi rumput. Belilah melebihi ukuran yang dibutuhkan sebagai persiapan bila terjadi kesalahan potong atau pengukuran.
  • Pastikan lantai atau area yang hendak dipasangi karpet rumput ini bersih dari segala kotoran dan debu yang bisa menghambat penempelan rumput sintetis. Jangan lupa untuk juga membersihkan bagian belakang rumput.
  • Pastikan juga permukaan lantai yang ingin dipasangi rumput buatan ini rata. Permukaan yang rata ini penting karena permukaan yang tidak rata ini bisa terlihat dari luar, apalagi bila ukuran atau tinggi rumput buatan yang digunakan ini rendah. Bila belum rata, Anda bisa meratakannya sendiri dengan menggunakan semen atau bahan lainnya.
  • Letakkan rumput pada lantai yang sudah bersih dan rata tersebut hingga pas antara satu karpet dengan karpet lainnya dan pas dengan ruangan. Potonglah bagian rumput yang berlebih dengan menggunakan gunting yang tajam. Kemudian biarkan selama dua hingga tiga jam untuk menghindari adanya pengurangan pada ukuran karpet rumput yang bisa terjadi.
  • Untuk menempelkan rumput ke lantai, gunakanlah tape untuk luar ruangan atau lem khusus yang sangat kuat. Kemudian angkatlah rumput yang tadi sudah ditaruh mulai dari ujungnya, kemudian lapiskan lem ke atas lantai tersebut. Lanjutkan hingga seluruh karpet tertempel. Gunakan lem pada pinggir setiap karpet untuk menyambungkan antara satu bagian karpet dengan karpet.
  • Kemudian, tunggulah lem mongering sesuai dengan instruksi sebelum mulai menyapunya untuk menghilangkan debu dan kuturan lain. Menyapu ini juga bisa membantu mengembalikan bentuk karpet rumput dan terlihat lebih natural.

Semoga tips memasang rumput sintetis tadi bisa membantu pemasangan rumput buatan ini di rumah Anda. Bagi yang ingin membuat taman dengan rumput sintetis ini ada tips menggunakan rumput buatan Untuk taman rumah yang bisa dicek. (raw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s