Alat Kesehatan Penderita Diabetes

Salah satu penyakit yang susah disembuhkan adalah diabetes. Untuk menghindarinya, perlu mewaspadai asupan gula setiap harinya. Sebisa mungkin, ganti gula dengan buah atau madu karena mereka lebih sehat dibandingkan gula batu, gula pasir atau jenis gula lainnya. Menurut James J Dinicolantonio, ilmuwan kardiovaskular dari Saint Luke Mid America Heart Institute, gula merupakan penyebab utama diabetes.

Persiapan Alat Kesehatan Diabetes di Rumah

Bagi yang sudah menderita penyakit diabetes, Anda harus mempersiapkan beberapa alat kesehatan di rumah agar para penderita bisa mengontrol kadar gula di dalam tubuhnya. Berikut beberapa alat kesehatan yang penting:

Alat Kesehatan untuk Mengukur Kada Gula Darah

Persiapkan konverter pengecekan gula darah. Saat ini ada 2 jenis konverter yang menggunakan satuan yang agak berbeda, yaitu

  • mmol/L (millimoles/liter)
  • mg/dL (milligrams/deciliter)

Klo di Indonesia, kebanyakan menggunakan mg/dL (milligrams/deciliter). Ketika membeli alat ini, pastikan Anda menanyakan 3 pertanyaan di bawah ini:

  • alat kesehatan cek diabetesSatuan apa yang digunakan alat ini?
  • Gimana cara melakukan pengecekan darah dengan alat ini? (untuk beberapa alat, cara pengecekan yang diajurkan berbeda-beda, jadi amannya bertanya dulu sebelum tersesat)
  • Berapa tingkat kadar gula darah yang baik sebelum makan dan setelah makan?

Pertanyaan ini akan membantu Anda dalam menggunakan alat ini. Dan pastikan Anda membeli alat ini di rumah sakit atau klinik terpercaya, agar aman.

Alat Untuk Menyuntikan Insulin

Bagi penderita diabetes yang sudah agak berat, dibutuhkan suntikan insulin. Perlu diingat bahwa suntikan insulin bukanlah obat, melainkan hanya menjaga agar kadar gula darah tidak melewati batas bahaya. Sebenarnya banyak doker yang menyarankan mengubah pola hidup daripada menggunakan insulin. Hal ini dikarena penggunaan insulin yang salah atau terlalu sering dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi kulit, lemas, pusing dan lainnya.

Jika ingin menggunakan insulin, berikut beberapa alat kesehatan untuk menyuntikan insulin ke tubuh yang bisa dipilih:

Pena Insulin

Pena insulin merupakan alat suntik insulin yang mudah digunakan dengan meminimalkan ketidaknyamanan akan jarum. Di dalam pena sudah dilengkapi dengan cartridge yang sudah diisi dengan insulin. Pada ujung pena insulin, terdapat tempat untuk memasukan jarum. Jarum yang digunakan adalah jarum disposable, jarum sekali pakai, berarti jarum harus diganti setiap kali penyuntikan. Untuk amannya, pelajari cara penggunaanya dari dokter Anda.

Pompa Insulin Eksternal / Potabel

Portabel ini mirip seperti set infus namun lebih kecil. Jarum terdapat pada ujung selang portabel. Jaru tersebut diletakan di bawah kulit dan diganti setiap 24 atau 72 jam sekali. Dengan adanya portabel ini, memungkinkan Anda memberikan insulin secara lambat ke dalam pembuluh vena kapan pun dalam 1 hari.

Apapun alat suntik insulin yang dipilih, pastikan Anda tahu cara pengunaan alat kesehatan tersebut dan gimana cara menjaga kebersihannya. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s