Pengertian Cetak Saring

Jika kata “Digital Printing” sudah tidak asing di telinga, gimana dengan kata “Cetak Saring”?

cetak saring manualCetak saring, kata yang tidak umum dan jarang terdengar ini merupakan sistem cetak yang digunakan dalam proses sablon. Cetak saring atau screen printing di dalam bahasa inggris adalah proses cetak yang menggunakan screen. Screen adalah kain saring yang digunakan sebagai media untuk penyaring tinta, kain ini diletakan bagian atas bahan cetak. Selain itu, kain saring merupakan tempat menuangkan tinta selama proses penyablonan. Jadi salah satu bagian penting dari cetak saring adalah kain saring.

Mengenal Kain Saring yang Baik

cetak saringPada awalnya, kain yang digunakan sebagai screen adalah kain sutra. Masalahnya, kain sutra agak rentah. Kain sutra tidak tahan terhadap udara yang lembab, gesekan dan resistensi terhadap bahan kimia. Selain itu, harga kain sutra mahal sehingga dari sudut modal, ini tidak efesiensi. Dikarenakan itu, berbagai usaha dilakukan untuk menemukan screen yang tepat.

Untuk saat ini, ada 3 bahan dasar yang cocok digunakan untuk membuat screen, yaitu: Nylon, Polyester dan Stainless Steel. Dan bahan yang paling bagus untuk screen adalah Stainless Steel. Kenapa Stainless Steel? Bahan kuat, tahan gesekan dan tidak menimbulkan arus listrik sehingga bahan ini sangat stabil digunakan sebagai screen terutama untuk menyablon keramik, barang elektronik dan lainnya.

Ketebalan kain yang digunakan mempengaruhi banyak sedikitnya tinta yang berpindah ke media. Secara singkat, ketebalan bisa mempengaruhi hasil cetak. Berdasakan ketebalan kain saring dibagi menjadi 4, yaitu:

  • Ketebalan S (small / thin) => terbuat dari benang-benang tipis. Kain saring dengan ketebalan S sangat cocok digunakan untuk pekerjaan halftone dan gambar artis. Kekurangan: kain ini cepat rusak.
  • Ketebalan M (medium) => terbuat dari benang-benang yang berukuran sedang. Kelebihan dari kain ini adalah bisa digunakan untuk pekerjaan halftone dengan pola gambar yang kasar.
  • Ketebalan T (thick) => dibuat dengan menggunakan benang yang berukuran tebal. Dikarenakan tebal, kain ini lebih tahan lama dan bisa digunakan untuk berbagai macam jenis cetakan.
  • Ketebalan HD (Heavy Duty) => ukuran benang yang digunakan adalah benang extra tebal. Dikarenakan bahanya yang tebak, screen dengan benang ini cocok digunakan untuk mesin, mencetak blok besar dan pekerjaan kasar.

Semoga artikel ini membantu Anda mengerti apa itu cetak saring. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s