Berbagai Teknik Mencampur Minuman

Bar menjadi salah satu tempat favorit untuk beli bir di Jakarta. Selain karena suasananya yang dianggap menyenangkan, beragamnya jenis minuman yang disajikan juga menjadi nilai tambah. Terlebih jika yang menyajikan minuman adalah bartender profesional. Keahliannya dalam meracik minuman bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para pengunjung. Berikut ini adalah beberapa teknik yang umum digunakan oleh bartender untuk meracik dan menyajikan minuman pesanan pengunjung.

Preparing

Teknik ini adalah yang paling sederhana, karena bartender langsung menggunakan gelas untuk menyajikan minuman pada pengunjung. Teknik ini terbagi menjadi dua, yaitu menuangkan langsung minuman dan campurannya tanpa diaduk (misalnya Gin Tonic yang dicampur soda), atau menuangkan minuman dan campurannya lalu diaduk dengan bar spoon (misalnya orange squash).

menyiapkan minumanStiring

Teknik ini dilakukan dengan mencampurkan bahan-bahan minuman dan es dalam mixing glass, lalu diaduk sebentar dengan bar spoon. Kemudian minuman disaring dengan cocktail stainer saat akan dituangkan ke dalam gelas. Teknik ini menghasilkan minuman yang terlihat bersih dan terasa dingin tanpa adanya es di dalam gelas.

Shaking

Paling umum digunakan oleh bartender, teknik ini dilakukan dengan menuangkan bahan-bahan minuman dan es kedalam shaker untuk kemudian dikocok hingga tercampur. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan teknik ini, yaitu penggunaan es yang masih fresh, shake dengan sempurna, dan jangan pernah mengarahkan shaker ke arah pengunjung untuk menghindari risiko jika tanpa sengaja shaker terlepas dari tangan.

Blending

Teknik ini menggunakan alat bantu blender untuk mencampurkan berbagai bahan minuman dan es yang telah dihancurkan terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, cukup masukkan semua bahan dan es sesuai takaranke dalam blender lalu campurkan.

Layering

Teknik layering digunakan untuk membuat minuman tampak berlapis-lapis dengan perbedaan warna yang terlihat jelas, atau bisa disebut juga dengan efek pelangi. Untuk melakukannya dibutuhkan ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi. Salah satu aturan saat akan melakukan teknik ini adalah dengan meletakkan spirits berkadar alkohol rendah di bawah spirits berkadar alkohol tinggi.

layering bartender

Muddling

Teknik ini dilakukan dengan mencampurkan minuman dengan buah atau sayur yang ditumbuk untuk kemudian diambil sari dan rasanya. Selanjutnya, campurkan dengan alkohol atau sirup.

Berbagai teknik mencampurkan minuman ini akan lebih sempurna jika bartender juga memahami takaran dari bahan yang digunakan untuk membuat sebuah kreasi minuman yang nikmat. (Yv)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s