Cara Melakukan Klaim Asuransi Syariah

Asuransi Syariah adalah produk asuransi yang menggunakan sistem syariah. Sistem ini memungkinkan para peserta meng-infaq-kam / menghibahkan sebagian ataupun seluruh kontribusi yang akan digunakan untuk membayar klaim, jika salah satu peserta mengalami musibah.  Akad pada asuransi syariah merupakan akad yang berdasarkan tolong menolong.

Klaim Asuransi Syariah

Dasar Hukum Klaim Asuransi Syariah

Menurut artikel pada Takaful94.blogspotcom, dasar hukum klaim asuransi syariah adalah

Dasar hukum dalam klaim asuransi syariah adalah  QS Al-Maidah [5]:1 >> “Hai orang-orang yang beriman! Penuhilah akad-akad (perjanjian-perjanjian) itu”

Bagi orang yang memeliharan janjinya, tertulis pada Al-Mukminun : 8 bahwa Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya Allah mencintai seseorang yang apabila dia beramal, dia menyempurnakan amalnya”

Ketentuan dalam Klaim Asuransi Syariah

Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional No: 21/DSN-MUI/X/2000 telah  memutuskan ketentuan dalam klaim asuransi syariah, sebagai berikut:

  • syariahKlaim dibayarkan berdasarkan akd yang disepakati pada awal perjanjian
  • Klaim dapat berbeda dalam jumlah, sesuai dengan premi yang dibayarkan
  • Klaim atas akad tijarah sepenuhnya merupakan hak peserta dan merupakan kewajiban perusahaan untuk memenuhinya
  • Klaim atas akad tabarru  merupakan hak peserta dan merupakan kewajiban perusahaan, sebatas yang disepakati dalam akad

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengajukan Klaim

Pastikan Polis masih aktif atau berlaku. Jika polis sudah mati, dalam masa tunggu atau melewati jangka waktu kontrak maka secara otomatis, polis tersebut tidak akan berlaku. Polis yang tsudah tidak berlaku tidak bisa diklaim.

Baca peraturan dan ketentuan polis dengan teliti. Ingat, kontrak adalah buku peraturan yang perlu Anda patuhi. Dalam kontrak tersebut, tertuang berbagai ketentuan penyebab kematian pemengang polis yang tidak bisa diklaim seperti kecelakaan yang disebabkan kelalaian diri sendiri, bunuh diri atau meninggal karena penyakit yang masuk dalam daftar PENGECUALIAN. Jika tidak jelas, minta bantuan marketing polis Anda untuk menjelaskannya agar Anda tidak salah langkah dalam melakukan proses klaim.

Ketahui persyaratan, dokumen dan proses klaim. Jangan sampai pengajuan klaim Anda gagal karena Anda tidak melengkapi dokumen, persyaratan atau mengerti proses klaim dengan baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s