Jenis Kertas untuk Cetak Offset part 1

kertas cetak offsetPercetakan offset adalah sebutan untuk teknik cetak di mana citra / gambar ditransfer ke lembaran plat, lalu lanjut ke proses transfer dari plat ke permukaan media yang akan dicetak. Jasa offset printing Jakarta sudah semakin banyak. Salah satu alasan jasa percetakan offset bisa sangat berkembang dikarenakan pasar yang masih luas.

Dalam menjalankan bisnis jasa offset printing Jakarta ataupun sebagai pengguna jasanya, kita harus tahu beberapa jenis kertas yang memang bisa digunakan dalam sistem cetak offset. Berikut ini kertas yang pada umumnya digunakan dalam percetakan offset:

Kertas HVS

Kertas HVS merupakan jenis kertas umum yang paling banyak digunakan dalam sistem cetak, print deskjet dan fotocopy. Bahan kertas ini agak kasar. Untuk ukurannya bisa dibilang agak bervariasi dari ukura A5, B5, A4, Q4 (Kwarto), F4 (Folio) dan A3. Selain ukuran, kertas HVS juga dibagi berdasar ketebalannya.  Untuk saat ini, kertas hvs memiliki 3 jenis berat kertas yaitu 70 gr, 80 gr dan 100 gr. 80 gr merupakan ukuran ketebalan kertas HVS yang paling sering digunakan terutama untuk dokumen kantor dan skripsi.

Kertas Art atau Matt

Kertas jenis ini sangat cocok digunakan untuk brosur dikarenakan permukaannya yang licin (art) atau semi doff (matt). Selain permukaan yang bagus, hasil cetak dengan bahan ini pun lebih berkualitas karena semua warna lebih terlihat. Berat kertas / gramasi : 100 gr, 120 gr dan 150 gr.

Art Karton

Permukaannya sama dengan art paper, namun kertas jenis ini lebih tebal. Karena ketebalannya, kertas ini banyak digunakan untuk cetak kartu nama, katalog, brosur dan lainnya. Gramasi dari kertas ini : 190 gr, 210 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr dan 360 gr.

Duplex (coated)

Bahan duplex memiliki sisi berwarna putih dan satu sisi berwarna abu-abu. Kebanyakan jenis kertas ini digunakan untuk membuat kotak. Bagian putih merupakan bagian luar dari kotak dan bagian yang bisa dicetak. Gramasi: 250 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr dan 400 gr.

Sampai jumpa di jenis kertas untuk cetak offset part 2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s