Terjadi Penurunan Harga Kondominium 2015

Dunia property Indonesia memang sedang marak-maraknya jika dibandingkan dengan dunia property di negara lain. Bahkan semakin banyak investor yang mendirikan rumah dan apartemen sejak beberapa tahun ini. Tidak hanya apartemen strata biasa tetapi juga kondominium mewah.

kondominiumBerdasarkan Informasi yang didapat dari kompas, harga kondominium pada kuartal pertama 2015 mengalami penurunan setidaknya 9,29 persen. Hal ini berlaku pada Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi. Pada kuartal ke-4 di tahun 2014, harga per meter persegi kondominium berada pada angka Rp 23,781 juta per meter persegi. Nah, pada kuatar pertama 2015, harga turun menjadi Rp 21, 517 juta per meter persegi. Jadi terjadi penurunan sebanyak Rp 2, 264.

Hasil di atas adalah hasil suvery dari perkembangan property komersial yang dilansir oleh Bank Indonesia dan dibuat menjadi berita. Salah satu yang menerbitkan hasil survey di atas adalah Kompas. Pihak Bank Indonesia menerangkan bahwa penurunan harga ini terjadi karena semakin banyak beredar kondominium kelas bawah yang di jual terutama untuk daerah Bogor, Depok dan Bekasi.

Dengan harga yang turun meningkatkan penjualan. Berdasarkan catatan, setidaknya ada 111.717 unit yang dijual dan setidaknya 97,6 persennya sudah laku terjual. Peningkatan penjualan ini tumbuh sebanyak 4,90 persen jika dibandingkan kuartal ke-4 di tahun 2014.

Sedangkan untuk segmen sewa apartemen, Bank Indonesia menyebutkan bahwa tariff sewa turun secara signifikan 5,11 persen. Harga sewa kuartal pertama tahun 2015 adalah Rp 283.514. Untuk kuartal ke- 4 tahun 2014 adalah Rp 298.793 per meter persegi untuk per bulan. Namun jika dibandingka dengan kuartal pertama tahun 2014, harga sewa tahun ini mengalami peningkatan. Harga sewa perbulan kuartal pertama tahun 2014 adalah Rp 202.030.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s