Water Heater. Bagaimana Cara Kerjanya?

Untuk melepaskan penat akibat aktivitas sehari-hari, seringkali kita memilih untuk mandi air panas. Mandi air panas membantu kita untuk rileks dan menghilangkan stres akibat masalah yang kita hadapi selama seharian ini. Ada banyak cara untuk kita dapat mandi air panas, dan salah satunya yang paling sering digunakan adalah dengan pemanas air atau water heater. Menggunakan water heater untuk keperluan air panas kita memang sangatlah praktis, tapi apakah kita pernah mencoba untuk memikirkan bagaimana cara kerja sebuah water heater?

intisolarPemanas air memiliki banyak tipe, dan salah satunya yang paling modern dan kerap ditemui adalah pemanas air tenaga matahari. Pemanas tipe ini memiliki kolektor penyerap panas, untuk menyerap energi matahari, dan tangki penyimpanan untuk menyimpan air yang dipanaskan dari unit kolektor. Tangki penyimpanan ini berfungsi mirip dengan termos yang menjaga minuman agar tetap panas.

Pada pemanas air milik Inti Solar, unit kolektor dibuat dengan bentuk tabung vakum, yang terdiri dari dua tabung kaca. Lapisan tabung di dalam dilapisi dengan nano absorber layer yang akan menyerap energi matahari, sementara lapisan kaca di luar akan memantulkan sinar matahari langsung ke tabung nano absorber layer hingga tidak ada sinar dan panas matahari yang terbuang dalam proses penyerapan.

Untuk proses pemanasan air sendiri, tangki penyimpanan di unit pemanas air berfungsi mirip dengan panci, sementara unit-unit kolektor berfungsi sebagai kompor yang memanaskan air di dalam tangki penyimpanan. Air yang sudah dipanaskan ini lalu langsung dapat digunakan oleh pemilik rumah untuk mandi maupun kegunaan-kegunaan lain. Dalam cara kerjanya ini, tabung vakum bekerja menggunakan prinsip Thermosiphon, di mana pada kemiringan tertentu air panas akan bergerak ke atas sementara air dingin akan bergerak ke bawah karena konveksi.

Sementara itu, unit kolektor yang berupa lempengan kaca juga seringkali ditemukan di rumah-rumah, tetapi pemanas air tipe ini kurang efektif karena panas matahari yang ditangkap pemanas ini sangat mudah terbawa oleh faktor cuaca, sementara pemanas air dengan tabung vakum dapat bekerja pada hampir semua keadaan cuaca, walaupun cuaca sangat buruk karena ia mengoptimalkan penyerapan energi matahari. (Dana)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s