Penyebab Terhambatnya Perkembangan Balita

perkembangan bayiSeorang anak yang berada dalam rentang usia 1 hingga 5 tahun (balita), biasanya akan mengalami perkembangan balita yang cukup cepat, baik perkembangan secara fisik maupun kemampuannya. Jadi, orangtua  tidak perlu heran jika baju yang belikan untuk anak sangat cepat sekali kekecilan. Perkembangan fisik balita yang cepat ini terkadang tidak disadari oleh orangtua, namun orang-orang yang jarang bertemu dengan anaklah yang akan menyadarinya. Hal ini wajar saja, karena orangtua bertemu setiap waktu dengan anak, sehingga pertumbuhan yang terjadi pada anak tidak akan terlalu nampak. Namun, perkembangan yang terjadi pada kemampuan balita akan dapat terlihat dengan jelas. Semakin hari, kemampuan yang dimilikinya akan semakin bertambah. Karena itu, banyak yang mengatakan bahwa masa balita merupakan masa paling menggemaskan untuk seorang anak.

Namun ternyata, tidak semua balita mengalami perkembangan dalam waktu yang cepat. Pada beberapa balita, perkembangan ini justru terlihat sangat lambat, atau bahkan hampir tidak terjadi. Terhambatnya perkembangan pada anak ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik secara internal maupun eksternal, antara lain:

  • Tidak terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan

Setiap nutrisi yang dibutuhkan tubuh seorang anak, memiliki manfaat yang berbeda-beda. Tidak terpenuhinya salah satu jenis nutrisi atau lebih, akan mempengaruhi proses tumbuh kembang balita. Hal ini bisa saja menghambat perkembangan fisik balita, atau kemampuannya dalam mempelajari sesuatu.

  • Kondisi kehamilan yang tidak sehat

Ibu yang sedang dalam kondisi tidak baik saat mengandung juga dapat mempengaruhi tumbuh kembang balita. Misalnya saja ibu mengalami stres atau masalah psikologi lain saat mengandung, atau kekurangan nutrisi saat hamil.

  • Kelainan gen atau penyakit

Anak yang mengalami kelainan gen atau menderita suatu penyakit, dapat mengalami masalah dalam proses tumbuh kembangnya. Kelainan gen ini bisa disebabkan faktor bawaan (gen dari orangtua) ataupun tidak.

  • Lingkungan sekitar

Kondisi lingkungan sekitar, dapat sangat mempengaruhi proses tumbuh kembang balita. Meskipun tidak mempengaruhi secara fisik, namun dapat berpengaruh pada perkembangan intelektualnya. Balita yang mendapatkan perhatian dari orang disekitarnya, dapat mampu belajar lebih cepat dibandingkan dengan balita yang diabaikan oleh orang disekitarnya. Hal ini, bisa dipengaruhi oleh efek psikologis yang dirasakan anak. (Yv)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s