Kesalahan Saat Melatih Bicara Bahasa Inggris

Dijaman era globalisasi saat ini, banyak masyarakat yang merasa yakin bahwa masa depan mereka akan lebih baik jika mereka mengerti dan menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Hal ini wajar saja, karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh banyak negara jika ingin berkomunikasi dengan warga negara lain. Baik untuk urusan pribadi (seperti wisata) ataupun untuk masalah bisnis. Untuk dapat berkomunikasi langsung dengan seseorang yang berasal dari negara lain, tentunya kita harus mampu untuk bicara bahasa inggris dengan baik. Karena itulah, Belajar Bicara Bahasa Inggris sangatlah dianggap penting.

bicara bahasa inggrisBanyak masyarakat yang mengerti bahasa inggris dengan pasif, namun tidak menguasai secara aktif. Artinya, orang tersebut mampu untuk mendengarkan (listening) dan memahami tulisan (reading) dalam bahasa inggris, namun mengalami kesulitan jika harus merangkai kata baik secara lisan (speaking)  maupun tulisan (writing). Sementara untuk dapat berkomunikasi dengan seseorang, bahasa inggris aktif juga harus dikuasai dengan baik. Salah satu cara untuk melatih kemampuan bicara bahasa inggris, yaitu dengan latihan secara aktif bicara menggunakan bahasa inggris.

Latihan bicara bahasa inggris secara aktif memanglah penting, namun jika bicara saat belum siap dapat mempengaruhi rasa percaya diri kita. Apalagi, jika kita dipaksa oleh seseorang (misalnya guru) untuk bicara bahasa inggris didepan banyak orang. Saat seseorang di paksa untuk bicara bahasa inggris yang masih belum dipahaminya dan melakukan kesalahan, tentu akan ada respon dari orang disekitarnya. Respon inilah yang mempengaruhi akan mempengaruhi rasa percayadiri orang tersebut.

Ketika seseorang salah mengucapkan bahasa inggris, terkadang orang disekitarnya akan memberikan respon dengan menertawakannya. Bagi seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, respon seperti ini bukanlah masalah besar. Namun, bagi seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang kurang, respon seperti ini dapat memberikan efek negatif yang sangat besar, apalagi jika hal ini terjadi pada anak-anak. Ketika orang disekitarnya merespon dengan menertawakannya, orang tersebut bisa merasa malu dan kehilangan percaya diri. Salah satu efek terburuknya yaitu, orang tersebut tidak mau lagi untuk bicara bahasa inggris karena merasa takut ditertawakan lagi ketika melakukan kesalahan.

Melakukan kesalahan saat belajar adalah hal yang wajar. Saat seseorang melakukan kesalahan ketika belajar bicara bahasa inggris di depan kita, akan lebih baik jika kita meresponnya dengan memperbaiki kesalahan yang dilakukan, dan tetap menyemangatinya untuk terus belajar. Hal ini akan memberi dampak positif dan meningkatkan motivasinya, karena akan membuatnya merasa memiliki banyak orang yang mendukungnya untuk terus belajar. (Yv)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s