Tips Memilih Biola yang Tepat

Selain menyediakan alat musik gitar, Toko Alat Musik biasanya akan menyediakan berbagai alat musik lainnya. Salah satu alat musik yang banyak digemari yaitu biola. Biola adalah salah satu jenis alat musik yang berbentuk mirip dengan gitar namun berukuran lebih kecil. Selain itu, alat musik ini tidak dimainkan dengan cara di petik, melainkan dengan cara digesek. Tidak seperti gitar yang sering dimainkan kapanpun dalam berbagai kegiatan, alat musik ini sering ditemui dalam pertunjukan orchestra.

biolaOrang yang tertarik untuk mempelajari cara memainkan biola, biasanya akan mengikuti kursus. Hal ini wajar, karena untuk dapat memainkan biola dengan benar kita harus terlebih dahulu memahami teknik bermainnya, dan ini akan sulit untuk dipelajari sendiri secara otodidak. Bahkan, diperkirakan kita membutuhkan waktu sekitar 1 tahun untuk memainkan lagu dengan nada yang sederhana, dan akan lebih lama jika kita ingin memainkan sebuah lagu yang cukup rumit.

Sebelum kita memulai kursus dan mempelajari bagaimana cara memainkan biola dengan baik, tentunya kita harus membeli sebuah biola terlebih dahulu. Untuk dapat memilih biola yang sesuai dengan kebutuhan kita ada hal yang harus kita perhatikan, yaitu apa tujuan kita bermain biola. Jika kita hanya senang dan tertarik untuk mempelajari alat musik ini, kita sebaiknya memilih biola dengan kualitas standar. Pilihlah biola yang terbuat dari kayu maple, eboni atau jenis kayu lain yang memiliki kualitas baik dan tidak mengeluarkan suara yang tidak fals.

Sementara itu, jika kita memang bercita-cita ingin menjadi seorang violinis (pemain biola) profesional, ada baiknya jika memilih biola yang berkualitas lebih baik. Harga biola buatan Eropa bisa mencapai 3 kali lipat harga biola standar, namun memiliki kualitas yang terbaik. Eropa merupakan daerah yang mengembangkan pembuatan seni biola modern. Selain itu, para master pembuat biola di Eropa benar-benar memperhatikan secara detail berbagai hal mengenai biola yang diproduksinya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Biola buata Eropa secara umum dibuat secara handmade, sehingga membutuhkan proses yang lama namun memiliki kualitas yang hampir sempurna.

Selain kualitas biola, kita juga harus mempertimbangkan ukuran biola. Meskipun biola berukuran kecil, namun tetap memiliki beberapa pilihan ukuran. Sebaiknya, pilih biola dengan ukuran yang paling umum. Namun, jika kita memiliki postur tubuh yang kecil, memilih biola yang berukuran kecil akan lebih nyaman digunakan. Jika kita merasa bingung memilih ukuran yang tepat, kita bisa bertanya pada yang lebih profesional ukuran biola mana yang sesuai untuk kita. (Yv)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s