Senang dan Nyaman di Kelas Bahasa Inggris

Seiring perkembangan teknologi komunikasi, dunia menjadi berasa semakin kecil. Jarak ratusan kilometer pun berasa dekat dengan bantuan internet dan teknologi lainnya. Dunia yang semakin kecil ini membuat kita harus menguasai bahasa yang digunakan masyarakat di negara lain, yaitu bahasa inggris. Mengingat fakta ini, bahasa Inggris untuk SMA sangat penting karena lulusan SMA nantinya akan menjadi mahasiswa yang seringkali akan maju untuk mewakili Indonesia di pentas dunia.

Untuk pengajar bahasa Inggris jenjang SMA ini bukanlah hal yang mudah, karena pembelajaran bahasa biasanya membutuhkan pembiasaan dan penggunaan yang sering agar seseorang dapat menguasainya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan di dalam kelas agar siswa-siswi bisa lebih baik menguasai bahasa Inggris.

  • kelas inggrisBerbicaralah lebih pelan dan jelas, bukan dengan suara yang keras. Dengan cara ini, siswa akan memiliki lebih banyak waktu untuk memproses kata-kata yang mereka dengar.
  • Sering-seringlah berhenti berbicara dan tuliskan instruksi-instruksi yang Anda berikan di papan tulis. Dengan menuliskan instruksi, murid akan lebih jelas dalam menangkapnya.
  • Berikanlah instruksi yang singkat dan jelas, karena instruksi yang terlalu panjang akan membingungkan dan tidak semuanya dapat ditangkap dengan mudah oleh siswa.
  • Buatlah ‘word wall’ di mana kata-kata yang tidak dimengerti siswa dapat ditulis dan diberikan artinya.
  • Jangan bertanya “Apakah kalian sudah mengerti?” Cobalah untuk merangkum materi yang sudah dipelajari sambil bertanya tentang materi tersebut dengan siswa, agar mereka ikut menjawab lebih mengerti.
  • Jangan ragu untuk menggunakan bahasa tubuh dan bantuan visual dalam menjelaskan, karena ini sangat membantu dalam penangkapan konsep.
  • Tetaplah mengajar dengan pikiran terbuka, dan jangan hanya mengatakan ‘salah’ kepada siswa ketika ia salah. Berikanlah saran untuk memperbaiki kesalahannya lain kali.

Lingkungan kelas yang menyenangkan dan interaksi terbuka antara murid dan guru adalah kunci dari kelas yang sukses, dan prinsip ini tentunya berlaku pada kelas bahasa Inggris. Jika siswa nyaman belajar bahasa Inggris, maka mereka juga tidak akan malu-malu dalam menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. (Dana)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s