Jenis-jenis Mobile Crane

Crane merupakan salah satu jenis alat berat yang berfungsi untuk mengangkut material pada pekerjaan kontruksi gedung, rumah, serta fasillitas kota. Selain digunakan untuk pembangunan, crane juga memiliki fungsi yang penting pada pekerjaan pabrik dan pembongkaran kontainer. Dengan menggunakan crane ini, pekerjaan yang seharusnya dibutuhkan puluhan hingga ratusan orang untuk menyelesaikannya, bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih cepat.

Crane sendiri terdiri dari beragam jenis, salah satu mobile crane. Mobile crane adalah crane yang dalam pengoperasiannya dapat berpindah tempat dengan menggunakan roda yang dimilikinya. Crane jenis ini kemudian dapat dibagi lagi menjadi beberapa tipe, yakni:

All Terrain Crane

All Terrain Crane

All Terrain Crane

All terrain crane,  seperti namanya, dapat beroperasi pada permukaan yang halus dan mulus (on-road) maupun pada permukaan  yang bergelombang dan tidak rata (off-road) dengan kecepatan hingga 40 meter/jam. Crane ini beroperasi dengan menggunakan satu atau dua mesin dan dilengkapi dengan derek hidrolik serta boom (lengan) teleskopik yang dapat meraih material hingga sejauh 60 meter dengan kapasitas beban 50-400 ton. All terrain crane ini cocok untuk digunakan dalam pembanguna berskala besar.

Rough Terrain Crane

Tipe ini cocok untuk dioperasikan pada medan berat atau permukaan yang tidak rata atau off-road. Ini karena rough terrain crane dilengkapi dengan roda karet all-wheel drivesnya yang dapat dengan mudah menaklukan medan berat. Karena rodanya ini jugalah, pada beberapa negara, kendaraan berat ini dilarang untuk melewati jalanan umum dan harus diangkut dengan menggunakan truk. Crane ini biasa digunakan pada operasi pick-and-carry, seperti pembangunan jembatan, dan proyek pembangunan skala besar lainnya. Rough terrain crane memiliki kapasitas beban hingga 12-80 ton.

Crawler Crane

Crawler crane adalah tipe crane yang bergerak dengan menggunakan roda rantai. Mobile crane ini ada yang dilengkapi dengan lengan teleskopik atau jeruji. Meski mudah digerakkan di sekitar daerah konstruksi, namun crane ini juga bisa sangat mahal untuk dipindahkan dari satu daerah konstruksi ke konstruksi lainnya karena ukuran dan beratnya yang besar sehingga harus diangkut. (rw)

Rough Terrain Crane

Rough Terrain Crane

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s