Beragam Manfaat Energi Matahari

tenaga matahariSejak zaman industrial, manusia telah menggunakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, sumber energi yang suatu hari dapat habis. Gas dan minyak merupakan salah satu contoh sumber energi yang dapat habis yang masih digunakan hingga sekarang. Sumber-sumber energi ini selain dapat habis dalam jangka waktu dekat, mereka juga menghasilkan limbah-limbah yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Karena hal itulah, banyak sumber-sumber energi baru yg bermunculan, sumber energi yang dapat diperbaharui, dan tidak menghasilkan limbah, salah satu contohnya adalah cahaya matahari. Saat ini, telah banyak alat-alat elektronik yang menggunakan energi matahari, seperti pemanas air tenaga surya, solar air conditioning (AC bertenaga surya), dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa perangkat elektronik lain yang menggunakan energi matahari sebagai sumber energinya.

  • Kalkulator tenaga matahari. Ini merupakan salah satu perangkat bertenaga matahari yang paling pertama muncul, telah muncul sejak tahun 1970. Terdapat solar panel kecil terpasang pada perangkat ini, yang akan secara otomatis mengisi daya pada kalkulator dan menyimpannya. Kalkulator tetap dapat digunakan meskipun tengah diisi energinya.
  • Solar Charger. Berfungsi sebagai charger yang akan mengisi daya ke perangkat lain. Perangkat ini memiliki sangat banyak bentuk dan ukuran. Mulai dari yang berukuran kecil untuk baterai, sebesar telfon genggam untuk mengisi daya telfon genggam atau perangkat genggam lainnya, hingga sebesar tas punggung yang dapat mengisi daya komputer jinjing (laptop). Berbeda dengan perangkat lain, perangkat ini tidak menyimpan banyak tenaga, dan hanya mengalirkannya.
  • Lampu bertenaga matahari. Perangkat ini dapat menyimpan daya dengan jangka lama. Memiliki banyak ukuran dan fungsi, namun paling lazim ditemukan pada lingkungan terbuka. Lampu taman dan lampu jalan di daerah Jakarta telah banyak menggunakan teknologi ini. Lampu ini juga biasanya memiliki sensor cahaya, sehingga akan otomatis akan langsung menyala saat keadaan gelap tanpa harus dinyalakan, dan akan langsung berhenti beroperasi saat keadaan terang.

Terdapat beberapa kendaraan yang juga menggunakan tenaga matahari, namun belum ada yang dijual ke publik. Karena, meskipun sumber energinya gratis, tapi biaya pembuatan serta faktor-faktor lainnya membuat kendaraan jenis ini belum siap dilepas ke pasaran. (RR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s