Tips Sukses Berbisnis Properti

Tidak bisa disangkal, bisnis properti Indonesia memang menjadi lahan basah akhir-akhir ini. Para developer berlomba-lomba untuk melebarkan kerajaan bisnisnya di bidang properti untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Pernah bertanya-tanya mengapa bisnis properti sangat laris manis dilakoni para pebisnis lokal? Tidak lain dan tidak bukan adalah karena bisnis ini tidak akan jatuh merugi meski harga tukar rupiah sedang turun. Bisa dikatakan, bisnis properti merupakan bisnis yang paling stabil dari waktu ke waktu.

Namun demikian, tidak semua orang bisa meraup kesuksesan ketika berbisnis properti. Ada hal-hal yang patut diperhatikan untuk mendulang sukses di bidang ini. Apa sajakah hal itu? Yuk, simak tips-nya!

  1. bisnis propertiUrus masalah perizinan hingga tuntas. Patut diketahui, masalah perizinan dan legalitas adalah hal yang harus diperhatikan dan diutamakan. Pasalnya, hal ini akan menyangkut masalah keberlangsungan bangunan Anda hingga ke depannya. Anda tentunya tidak mau bukan jika di kemudian hari, properti Anda bermasalah sehingga tidak bisa lagi beroperasi? Urus masalah legalitas seperti surat IMB atau Izin Mendirikan Bangunan, SP3L atau Surat Persetujuan Prinsip Pembebasan Lokasi/Lahan, SIPPT atau Surat Izin Penunjukkan Penggunaan Tanah, dan juga Surat Pengesahan Siteplan.
  2. Utamakan masalah kualitas. Jangan pernah membangun properti dengan dana yang dipangkas habis-habisan dan material yang seadanya. Lebih baik keluar dana besar di awal dibanding harus menanggung rugi di masa depan karena bangunan yang Anda rancang tidak bertahan lama. Dengan menggunakan bahan material kualitas terbaik, bangunan Anda pun akan bertahan lama dan tidak lapuk dimakan usia.
  3. Tata kelola manajemen yang rapi dan terstruktur. Anda tidak mungkin berdiri sendiri ketika menjalankan bisnis properti. Anda butuh orang-orang profesional yang ahli di bidangnya untuk membantu Anda. Untuk itu, pilihlah orang-orang yang kredibel untuk membantu operasional sehari-hari. Pastikan segala sistem di bisnis Anda berjalan dengan lancar dan sesuai dengan undang-undang.

Itu dia tiga hal yang patut diperhatikan agar bisnis Anda berjalan lancar. Semoga beruntung!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s