Membuat Furnitur dari Bambu

furnitur bambuSelama ini, furnitur yang terbuat dari kayu jati tampaknya selalu menjadi primadona di toko mebel Jakarta. Banyak alasan yang mendorong kepopuleran kayu jati di kalangan pecinta furnitur, mulai dari segi keawetannya, penampilannya yang tradisional, hingga ukirannya yang menawan. Apalagi, kita bisa dengan mudah mengecat furniture dengan warna yang berbeda jika kita sudah bosan dengan warna lama furniture kayu jati yang kita miliki. Namun, ternyata furnitur yang terbuat dari bambu juga bisa membuat hunian terlihat menarik, lho. Pasalnya, bambu memiliki kontur yang berbeda dengan bentuk tabung yang berpermukaan halus. Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri dan sentuhan natural di hunian Anda. Bambu juga bisa dibentuk menjadi sebuah furnitur yang berbeda dengan bentuk material pada umumnya. Terlebih lagi, harga materialnya pun tidak terlalu mahal dan sangat ekonomis. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran dan bisa mengalokasikan sisa biayanya untuk membeli furnitur lain.

Bagi Anda yang ingin mencoba furnitur bambu untuk menghias hunian, ada dua opsi yang bisa Anda pilih. Pertama, Anda bisa membelinya langsung di toko mebel dan memilih bentuk yang Anda suka dan kedua, Anda bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan material bambu. Jika Anda ingin mengasah kreativitas Anda dalam membuat mebel, ini dia dua tips yang bisa Anda manfaatkan ketika mengolah material bambu:

  • Sama halnya dengan memilih furnitur kayu jati yang tidak boleh sembarang pilih, maka furnitur berbahan dasar bambu pun demikian. Anda harus jeli dalam memilih bambu yang akan dijadikan material. Pilihlah bambu yang matang dengan bunyi yang cukup nyaring ketika diketuk. Bambu yang sudah ‘matang’, dari segi ketahanan akan lebih kuat dan kokoh sehingga tidak mudah dihinggapi rayap. Setelah menemukan bambu yang cocok untuk dijadikan furnitur, bersihkan permukaanya hingga halus.
  • Cari inspirasi bentuk furnitur yang diinginkan. Misalkan Anda ingin membuat meja dengan material bambu. Nah, jika Anda belum memiliki gambaran bagaimana bentuk meja yang diinginkan, cobalah untuk mencari inspirasinya di internet. Satu hal yang perlu diingat, kunci dari pembuatan furnitur yang awet dan tahan lama dari material bambu adalah kekuatan Anda ketika menyatukannya dengan tali atau dengan paku. Finishing terakhir dengan mem-furnish-nya juga bisa membuatnya semakin awet.

Itu dia dua hal yang bisa Anda lakukan untuk mengolah material bambu untuk dijadikan furnitur. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s