Berkawan Dengan Awan

cloud serverSalah satu jenis penyimpanan dan pemusatan data dalam skala besar yang sedang populer saat ini adalah Cloud Server (Server Awan). Sistem ini berbeda dengan sistem penyimpanan data lain karena klien tidak membayar tempat penyimpanan data secara fisik, namun hanya membayar kapasitas yang diperlukan. Berbeda dengan jenis penyimpanan lain seperti Dedicated Server yang mewajibkan klien membayar biaya penyimpanan fisik. Jenis penyimpanan data ini telah menyebar dimana-mana, dan Cloud Server Indonesia sekarang telah menjadi salah satu industri yang diminati banyak investor. Mengapa banyak orang lebih memilih Cloud Server dibanding penyimpanan data jenis lain?

Perlu diketahui bahwa Dedicated Server sebagai salah satu opsi lain dalam sistem penyimpanan dan pemusatan data, mengharuskan klien membayar tempat penyimpanan fisik, sehingga meski biasanya memiliki jumlah kapasitas yang jauh lebih besar dari Cloud Server, namun lebih mahal dalam hal pembelian dan perawatan. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki Cloud Server;

  • Proses installasi lebih cepat dan singkat.
  • Peningkatan kapasitas dan memori dapat dilakukan lebih cepat dan dari manapun.
  • Lebih hemat dalam biaya perawatan. Karena perawatan dilakukan oleh 2 pihak, pihak klien, dan penyedia layanan. Biasanya pihak klien melakukan perawatan dalam hal non-fisik, seperti manajemen data dan keamanan. Sementara pihak penyedia melakukan perawatan fisik dan non-fisik, perawatan fisik seperti storage mereka, dan perawatan non-fisik jika diperlukan.
  • Manajemen data dapat dilakukan dimanapun. Bahkan dari mobile phone.
  • Terdapat lebih dari satu server, hingga jika akses ke satu server sedang mengalami masalah atau tidak aktif, klien dapat mengakses data mereka melalui server lain.
  • Pembelian dapat sesuai dengan kebutuhan.
  • Penyedia layanan menjanjikan 2 proteksi. proteksi dari gangguan fisik, dan proteksi dari gangguan non-fisik seperti serangan peretas.
  • Tidak membutuhkan biaya infrastruktur.

Dedicated Server biasanya lebih cocok untuk kantor-kantor besar yang memiliki infrastruktur sendiri, karena sistem penyimpanan dan pemusatan data tipe ini menggunakan tempat penyimpanan data yang dikelola sendiri. Sistem macam ini menggunakan biaya pengelolaan, perawatan, dan pengawasan yang jauh lebih besar, dan biasanya dimanage sendiri, namun memiliki kecepatan akses yang lebih cepat dari Cloud Server.

Sementara Cloud Server lebih digemari jenis-jenis usaha atau organisasi yang sedang berkemban. alasan utamanya karena biaya yang dikeluarkan lebih murah dan hemat dibanding Dedicated Server. (RR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s