Daerah Pelosok Bakal Bisa Mengakses Internet?

Banyak yang berpikir bahwa internet bisa diakses siapa saja dan dimana saja, padahal 2/3 populasi di dunia tidak bisa mengakses internet. Di Indonesia sendiri masih banyak daerah terpelosok yang belum bisa menikmati kemudahan internet. Hal ini dikarenakan bentuk geografis Indonesia yang unik sehingga membuat Menara Pemancar Sinyal tidak bisa dibuat. Tanpa adanya Menara Pemancar Sinyal, berarti tidak ada akses internet. Internet biasa aja tidak bisa apalagi layanan kabel  fiber internet yang memerlukan penanaman kabel fiber optik.

google loon

google loon

Dengan adanya kendala geografis Indonesia yang bisa terbilang unik (terdiri dari pulau-pulau, gunung), membuat banyak provider telekomunikasi di Indonesia angkat tangan untuk mendirikan Menara Pemancar Sinyal. Hal ini tentunya akan menghalangi masyarakat yang ingin memanfaatkan aplikasi chatting di ponsel, untuk berkomunikasi dengan saudara atau kerabat yang berlokasi cukup jauh.

Di tengah masalah ini, datanglah Google dengan solusinya yaitu Google Loon. Apa itu Google Loon? Google Loon adalah program balon udara yang bertujuan memperluas daya jangkauan  Menara Pemancar Sinyal atau Fiber optik.  Bisa dibilang balon udara tersebut berperan menggantikan satelit.

Balon-balon yang digunakan untuk Google Loon bisa terbang dengan menggunakan tenaga matahari / surya. Balon tersebut berwarna transparan putih dan diisi dengan gas helium. Gas helium di dalam balon bisa membuat balon tersebut bertahan +/- 150 hari di udara. Rencananya balon tersebut akan diterbangkan di ketinggian 20 km dari atas muka bumi.

Proyek Google Loon ini pertama kali dimulai pada bulan Juni 2013 di Selandia Baru. Selain di Selandia Baru, proyek Google Loon sudah pernah dicoba di California Central Valley dan daerah Timur Laut Brasil. Data dari percobaan-percobaan tersebut digunakan untuk meningkatkan teknologi Google Loon.

panel surya google loon

panel surya google loon

Dalam percobaan ini, Google biasanya berkerja sama dengan provider telekomunikasi lokal negara tersebut. Untuk Indonesia sendiri, Google sudah akan berkerja sama dengan 3 operator sekaligus, yaitu : Telkomsel, XL Axiata dan Indosat. Fokus dari kerjasama ini adalah menghadirkan akses internet di tempat terpencil di Indonesia yang selama ini belum terjangkau infrastruktur telekomunikasi.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Kompas, kerja sama ini akan dimulai pada awal tahun 2016. Kerja sama ini masih berupa percobaan atau uji coba. Semoga saja uji coba ini berhasil sehingga kita bisa menggunakan teknologi ini untuk menghadirkan internert di seluruh daerah Indonesia. Tunggu good news-nya agar seluruh daerah pelosok Indonesia bisa mengakses internet dengan mudah. Wish them luck! –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s