Pemilihan Lokasi Untuk Colocation

colocation

Colocation

Kebutuhan informasi manusia modern telah sampai di titik dimana kita membutuhkan tempat penyimpanan data yang  besar untuk kehidupan sehari-hari hingga urusan kerja. Untuk memenuhi kebetuhan tersebut, terdapat berbagai macam jenis penyimpanan data berkapasitas besar yang dapat kita gunakan, salah satunya adalah Colocation. Colocation adalah sebuah metode penyimpanan data dimana kita menyimpan data kita di tempat yang disediakan perusahaan penyedia layanan tsb. Metode ini tengah meroket di berbagai tempat, Colocation Indonesia juga tengah ramai bersaing di pasar penyedia layanan penyimpanan data di Indonesia.

Perbedaan utama metode ini berada pada pengawasan dan perawatan data yang dilakukan oleh pihak penyedia dan bukan pengguna. Data disimpan oleh pihak penyedia di lokasi yang telah mereka sediakan. Lokasi ini khusus untuk penyimpanan data, untuk memilih lokasi yang cocok untuk colocation, sebuah lokasi harus memenuhi kriteria berikut:

Luas

Lokasi harus memiliki ukuran yang luas guna membuat akses dan memperlebar fasilitas jika diperlukan.

Akses

Lokasi harus dapat diakses dengan mudah, tidak jauh dari jalan besar yang dapat dilalui truk-truk besar. Bila memungkinkan, lokasi yang dekat dengan bandara atau lapangan terbang sangat lah bagus.

Potensi Bencana Alam

Untuk yang satu ini, biasanya penyedia layanan colcation akan meminta data dari pemerintah untuk melihat potensi bencana alam tiap-tiap daerah. Lokasi haruslah bebas dari potensi gempa, gunung meletus, banjir, dan bencana alam lainnya.

Potensi Keamanan

Penyedia layanan juga membutuhkan data mengenai keamanan lokasi. Tingkat kriminalitas dan stabilitas suatu daerah akan diperhatikan penyedia layanan sebelum menentukan lokasi.

Cuaca

Peranti keras yang digunakan sangatlah diperhatikan keamanan dan perawatannya. Lokasi tidak boleh terlalu lembab, dingin, ataupun panas. Cuaca ekstrim memiliki potensi menyebabkan bencana alam, dan juga merusak fasilitas.

Ketersediaan Energi

Setelah memastikan kriteria lain terpenuhi, penyedia layanan akan memastikan bahwa pembangkit energi pada daerah tersebut mampu menyokong kebutuhan energi fasilitas colocation yang pastinya membutuhkan banyak energi.

Biasanya penyedia layanan memilih daerah yang jauh dari kota-kota besar yang biasanya memiliki tingkat kriminalitas tinggi, bersuhu panas, dan penuh polusi. (RR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s