Memiliki Kepribadian Introvert Bukan Berarti Tidak Bisa Bergaul

Interaksi sosial merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan manusia sehari-hari. Sayangnya, orang-orang yang memilliki kepribadian introvert tidak selalu mulus berinteraksi dengan sekitar terutama dengan orang-orang yang baru dikenal. Jika kamu merupakan salah satu orang yang memilki kepribadian ini, pasti kamu memilki berbagai cerita lucu saat masuk ke dunia baru misalnya seperti saat pertama kali mengkuti les bahasa inggris profesional mungkin kamu sempat merasa canggung saat berkenalan dengan teman-teman atau pengajar disana. Hal seperti ini memang wajar dialami oleh introvert. Akan tetapi, jangan biarkan label introvert ini menghalangi kamu untuk bersosialisasi dengan yang lain.

bergaulSebenarnya, menjadi introvert bukan merupakan hal yang perlu dipermasalahkan. Jangan salah, introvert itu berbeda dengan pemalu, kuper, atau bahkan anti sosial loh, dan bukan berarti orang berkepribadian introvert lebih pandai bergaul dibandingkan dengan ekstrovert. Hanya saja, pribadi introvert merasa lebih senang dan memperoleh energi saat ia menghabiskan waktu sendirian. Sedangkan ekstrovert akan gampang merasa tertekan saat ia sendirian dan tidak memilki teman untuk mengobrol. Nah, berikut ini hal yang mesti diperhatikan agar pribadi introvert seperti kamu tidak canggung saat bersosialisasi.

Hal pertama, kamu tidak usah terlalu banyak berpikir apa yang akan terjadi jika kamu ingin memulai percakapan dengan orang lain. Mungkin kamu akan berpikiran bahwa percakapan yang kamu mulai akan menjadi aneh dan awkward. Jangan takut akan hal-hal yang belum terjadi mulailah membuka topik dengan teman barumu. Kamu bisa mengawali pembicaraan dengan menanyakan hal-hal yang simpel seperti dimana tempat tinggal atau apa film favorit teman bicaramu. Manfaatkanlah juga sarana sosial media seperti path instagram atau twitter untuk berinteraksi dengan orang lain. Percayalah, berinteraksi melalui sosial media terlebih dahulu akan mempermudah kamu saat mengobrol face to face dengan orang lain.

Setelah kamu membuka pembicaraan, tetaplah jadi diri sendiri, jangan terlalu bertingkah agar kamu dianggap sebagai orang yang seru dan mengasyikan ya! Tidak apa jika kamu merupakan tipe orang yang tidak terlalu banyak bicara, kamu bisa menjadi pendengar yang baik dalam percakapan. ApalagiĀ  hal yang terpenting adalah kualitas pembicaraan bukan kuantitas. Jadi, lebih baik kamu fokus pada apa topik yang kamu bicarakan daripada sering berbicara namun tidak memberikan kesan apa-apa.

Hal terakhir dan yang terpenting adalah rileks. Jangan terlalu tegang saat berbicara dengan orang lain, anggap saja kamu berbicara dengan orang yang telah kamu kenal akrab sehingga kamu akan merasa tenang. Perbanyaklah bercanda dengan teman ngobrolmu dan cobalah menonton film-film komedi agar kepribadian kamu lebih menyenangkan.

Nah, mulai sekarang kamu bisa kembangkan kepribadianmu dan memperluas pergaulanmu dengan mengikuti cara-cara diatas! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s