Gimana Cara Mencampur Beton?

Kata beton sudah dikenal sangat lama. Beton digunakan untuk pembangunan jalan, bagunan dan pagar. Bagi kita yang sering naik kereta, kita akan sering melihat pagar beton yang membatasi area rel kereta dengan daerah pemungkiman. Pagar beton yang digunakan untuk pembuatan pagar tersebut bukanlah pagar beton biasa melainkan pagar panel beton. Harga pagar panel beton yang murah dan pengerjaannya yang lebih cepat menjadikannya pilihan tepat untuk pagar area rel yang sangat panjang.

Dalam bentuk paling dasarnya, beton dibuat dari pasta yang melapisi susunan agregat (pasir + kerikil / batu kecil). Pasta sendiri merupakan campuran semen portland dan air. Melalui reaksi kimia yang dikenal dengan nama hidrasi, pasta akan mengeras  dan melekatkan semua agregat (pasir + kerikil / batu kecil) menjadi satu. Namun semakin berkembangnya zaman, campuran untuk pembuatan beton semakin beragam. Semakin banyak orang yang berusaha mencari campuran dan takaran campuran yang paling tepat untuk membuat beton kuat dan kokoh dalam waktu lama.

Proporsi Campuran?

campur betonSalah satu kunci untuk mendapatkan beton yang kuat terletak pada proporsi campuran yang kita lakukan. Campuran dimana proporsi pasta semen lebih banyak dibandingan dengan agregat akan menyebabkan permukaan beton yang kasar dan berpori-pori. Jika proporsi pasta semen terlalu over atau terlalu banyak memang dapat menghasilkan permukaan beton yang halus, namun beton tersebut akan sangat mudah dan cepat retak.

Lalu gimana kita tahu proporsi campuran yang tepat? Ehm, sebenarnya agak susah menyebutkan proporsi yang pasti karena hal ini tergantung lagi dengan kualitas bahan yang kita gunakan seperti semen, agregat (pasir dan kerikil) dan air yang kita gunakan. Eh? Kualitas bahan berpengaruh? Yap, pasir yang basah dan kering memiliki massa yang berbeda dan kebutuhan air dalam campuran yang berbeda.

Untuk amannya, mintalah pendapat dari tukang bagunan / kontraktor yang sudah berpengalaman. Pengalaman bertahun-tahun, membuat mereka tahu berapa proporsi campuran yang tepat setelah melihat keadaan bahan baku. Jika ada tukang bagunan / kontraktor yang mengatakan bahwa proporsi campuran beton sama apapun keadaan bahan baku, lebih baik minta pendapat yang lain lagi.

Jika malas, ada solusi lain nih. Gunakan beton precast. Beton precast adalah betin yang dicetak sesuai kebutuhan. Konteks “sesuai kebutuhan” disini artinya ukuran dan jumlah bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Dikarenakan beton ini dicetak, kita bisa memeriksa kualitas sesudah pencetakan dan sebelum penggunaan. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s