Solar Water Heater untuk Pakistan

Dilansir langsung dari Dailymail.co.uk, rumah Muhammad Naeem yang berada di pergunungan di salah satu provinsi Pakistan yang terletak di barat laut, Khyber Pakhtunkhwa mulai sering dikunjungi warga sejak dia memasang solar water heater. Para warga ingin menyaksikan sendiri manfaat dari pemanas air tenaga surya ini bagi keluarga Muhammad Naeem.  Dengan sabar, Muhammad Naeem akan menjelaskan manfaat dari pemanas air tersebut bagi setiap warga yang datang berkunjung.

pemanas air - pakistanMuhammad Naeem  mengatakan bahwa pemanas air tenaga surya ini tidak akan menyebabkan penyakit pernafasan, mengurangi penggunaan kayu bakar dan menghilangkan biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli minyak tanah. Bahkan  dia menjelaskan bahwa bukan hanya dia yang senang namun juga istrinya. Istrinya tidak perlu lagi membakar kayu untuk memanaskan air untuk keperluan mandi, memasak, mencuci piring atau pakaian.

Masukanya pemanas air tenaga surya hingga Khyber Pakhtunkhwa merupakan bagian dari kerja World Wide Fund for Nature – Pakistan (WWF-Pakistan). Pemanas air tenaga surya ini dianggap sebagai alternatif yang mudah dan aman bagi lingkungan karena dengan penggunaanya dapat mengurangi penebangan pohon untuk digunakan sebagai kayu bakar dan membiasakan warga tidak tergantung dengan minyak tanah dan listrik. Bahkan water heater ini dapat mengurang korban penyakit pernafasan yang muncul dikarenakan pembakaran kayu dan minyak tanah.

Program memperkenalkan warga Pakistan dengan pemanas air tenaga surya ini dimulai sejak tahun 2009. Program ini bisa dijalankan dengan adanya bantuan dari Coca Cola Foundation dan WWF-Pakistan. Tentu tidak semua daerah Pakistan didatangi. WWF-Pakistan memilih tempat-tempat yang memiliki persentase tinggi penebangan pohon. Lokasi dengan persentase tinggi dalam penebangan pohon menunjukan bahwa warga di sana masih sangat bergantung pada kayu dan minyak tanah untuk mendapatkan air panas.

Pada awalnya, banyak warga yang pesimis dikarenakan solar water heater memang tidak murah. Untuk membeli 1 solar water heater dan pemasangan, setidaknya warga perlu mengeluarkan $ 450. Namun kedepannya, solar water heater bisa membantu warga menghemat waktu dan uang lebih banyak dibandingkan kayu bakar. Oleh sebab itu, warga yang sudah memasang solar water heater dihimbau untuk membangikan pengalamannya seperti Muhammad Naeem agar warga lain mengerti fungsi serta kegunaan dari pemanas air tenaga surya. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s