Mengenal Tipe Alat Berat Scraper

Scaper merupakan alat berat untuk menggali tanah yang memiliki beberapa fungsi sekaligus, yakni memuat, mengangkut, hingga menebar atau membongkar muatan. Alat ini banyak digunakan pada pertambangan terbuka dan memiliki beragam tipe. Karena itu, sebelum membeli alat ini di produsen jual alat berat, pembeli harus tahu dulu kebutuhan yang diperlukan untuk disesuaikan, misalnya saja:

  1. Karakteristik material yang dikerjakan
  2. Kondisi permukaan jalan
  3. Jarak tempuh
  4. Alat bantu yang diperlukan

Berbeda jenis kebutuhan tersebut, tentunya berbeda pula tipe atau jenis scraper yang dibutuhkan.

Berdasarkan cara penggerakannya dalam berperasi, Scraper dibedakan menjadi dua jenis, yakni:

 Motorized scrapers (Scraper bermotor)

motorized scrapersScraper tipe ini biasanya memiliki penggerak berupa ban atau roda dan dilengkapi dengan mesin tunggal atau mesin ganda. Kekuatan mesin yang digunakan ini memiliki kekuatan hingga lebih dari 500 HP dan bisa mencapai kecepatan 60km per jam. Sementara itu, dengan daya tampungnya bisa mencapai sekitar 15-10 m3. Scraper bermotor ini cocok untuk digunakan untuk menggali material atau tanah yang tidak terlalu keras. Pada pengoperasiannya, scraper ini ada yang memerlukan bantuan dari crawler tractor karena daya cengkeramnya yang kurang. Ada dua cara yang bisal dilakukan oleh alat bantu ini, yakni:

  1. Push Load Alat bantu ini digunakan pada saat pengerukan dan pengisian yang bisa memabntu tiga hingga lima scraper dan membuat scraper dapat menempuh jarak hingga 3 km.
  2. Push Pull Adalah dua buah scraper yang saling membantu saat pengerukkan. Pada saat pengerukkan, scraper bagian belakang membantu mendorong scraper di bagian depan, sementara pada saat pemuatan, scraper bagian depan menarik bagian belakang.

Towed scrapers (scrapers ditarik)

Scraper tipe ini digerakkan dengan cara ditarik menggunakan tractor dan terbagi lagi menjadi dua jenis:

  1. Scraper ditarik dengan crawler tractor, biasanya memiliki kekuatan mesin hingga lebih dari 300 HP dan mampu menampung material antara 8 hingga 30m3.
  2. Scraper ditarik dengan wheel tractor, scraper ini dibagi lagi menjadi dua yakni bermesin tunggal dan bermesin ganda. (raw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s