Pertanyaan Penting untuk Provider Data Center

Sebelum memilih provider data center Jakarta yang ingin digunakan, tentunya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Apalagi, jumlah perusahaan yang bergerak dibidang data center ini tidaklah sedikit. Dan kita sebagai konsumen juga tidak mengeluarkan dana yang sedikit saat memilih provider data center yang ingin kita gunakan. Jadi, memilih provider data center yang akan memberikan pelayanan terbaik adalah hal yang wajib.

Mungkin kita sering kebingungan, bagaimana yah caranya memastikan provider yang kita pilih adalah provider yang tepat? Nah, beberapa pertanyaan penting untuk provider data center ini mungkin bisa membantu kita dalam membuat keputusan:

data centerDi mana lokasi data center?

Hal pertama yang harus kita ketahui adalah di mana lokasi pasti dari data center berada. Jika perlu, kita bisa melihat langsung untuk melakukan pemeriksaan, apakah lokasi tersebut aman untuk penyimpanan data perusahaan. Melalui pemeriksaan ini juga kita bisa mengetahui langsung bagaimana sistem keaman yang dilakukan oleh provider dalam menjaga keamanan fisik server yang tersimpan dalam lokasi tersebut.

Apakah terdapat lebih dari satu lokasi?

Seaman apapun lokasi yang dipilih oleh provider sebagai tempat menyimpan server milik kliennya, tetap tidak menutup kemungkinan terjadinya suatu masalah. Karena itu, penting untuk menanyakan apakah provider memiliki lokasi lain sebagai tempat penyimpanannya? Dan apakah setiap lokasi ini saling terkoneksi dengan jaringan pribadi? Hal ini penting, karena akan sangat bermanfaat untuk proses recovery data ketika salah satu lokasi data center terkena masalah.

Layanan apa saja yang ditawarkan?

Tanyakan apakah provider data center memiliki layanan IT lain di luar layanan data center. Misalnya saja, seperti cloud. Tujuannya, agar kita tidak perlu repot-repot lagi mencari provider berbeda ketika membutuhkan layanan lainnya.

Bagaimana dengan daya, pendinginan, dan kapasitas?

Data center harus memiliki daya yang  stabil dan sumber daya yang kuat agar dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, penting juga untuk memeriksa kualitas pendinginan dan kapasitas data center.

Apa yang dilakukan oleh provider untuk efisiensi energi?

Tanyakan bagaimana cara mereka untuk melakukan efisiensi energi? Hal ini penting, apalagi kita tahu bahwa sebuah data center pasti membutuhkan daya dan energi yang sangat besar untuk proses kerjanya. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s