Dampak Kesalahan Pemasangan Rumput Sintetis

memasang rumput sintetisRumput sintetis adalah sebuah rumput buatan yang terbuat dari material sintetis. Jika dilihat sepintas tanpa menyentuhnya, rumput ini terlihat seperti rumput sungguhan. Namun, ketika kita menyentuhnya, teksturnya jauh berbeda dari rumput asli. Biasanya, rumput ini memiliki tekstur yang cukup kasar, berbeda dengan rumput asli yang cenderung lebih lembut.

Rumput sintetis ini mulai banyak dipilih karena beberapa keunggulan yang dimilikinya, salah satunya pemasangannya yang cenderung lebih mudah daripada rumput asli. Namun begitu, ternyata bukan berarti kita bisa asal saja dalam memasang rumput ini yah, karena ternyata pemasangan rumput sintetis yang salah dapat berdampak negatif, antara lain:

Tidak indah di lihat

Ini adalah dampak yang sudah pasti akan langsung terlihat ketika terjadi kesalahan dalam pemasangan rumput sintetis. Baik digunakan untuk keperluan apapun, kesalahan pemasangan ini akan membuatnya terlihat tidak rapi. Kesalahan ini bisa terjadi akibat pengukuran yang salah, sehingga ukuran rumput menjadi tidak sesuai dengan yang diperlukan. Atau, bisa juga akibat tidak dilakukan perataan terlebih dahulu pada bagian lapisan bawah rumput, sehingga pada beberapa bagian rumput terlihat lebih menonjol dari bagian lainnya.

Mencelakai pemain futsal

Sudah menjadi hal yang umum menggunakan rumput sintetis sebagai lapangan futsal. Nah, pernah terbayang gak kita berlari di atas permukaan yang tidak rata? Atau mungkin, di atas rumput sintetis yang saling tumpang tindih (untuk rumput dengan model satuan yang kemudian dirangkai jadi satu)? Bahaya sekali bukan. Kita yang sedang berkonsentrasi untuk mengejar bola mungkin tidak akan sadar ada bagian rumput yang tidak rata, akibatnya kita terantuk bagian yang tidak rata tersebut.

Menghalangi peresapan air

Selain digunakan untuk karpet futsal, rumput sintetis juga sering digunakan untuk taman. Bukan hanya taman indoor, tetapi juga taman outdoor seperti taman film pertama di Indonesia yang dibuat di Bandung. Nah, mungkin banyak yang bertanya, jika dipasang untuk taman outdoor, air bisa menggenang di atasnya dong? Sebenarnya, hal ini tidak akan terjadi jika rumput futsal dipasang dengan langkah yang benar. Sebab alas pada rumput buatan ini memiliki lubang untuk saluran air. Namun, lubang-lubang ini tidak akan berfungsi jika rumput dipasang dengan cara yang salah. Akibatnya, peresapan air tidak akan terjadi saat hujan, dan rumput akan tergenang oleh air. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s