Aplikasi yang Cepat Menguras Kuota dan Cara Mengatasinya

Berdasarkan info dari Akamai, internet Indonesia semakin cepat. Boleh dong kita berbahagia ssedikit jika koneksi internet tanah air semakin cepat. Walaupun menurut Akamai, peningkatan ini hanya sedikit dan tidak merata, okelah karena peningkatan ini memberikan titik terang bagi para netizens bahwa masih ada harapan internet Indonesia akan semakin cepat kedepannya. Dengan begini,  bisa dibilang netizens akan bisa mendapatkan paket internet cepat dan murah yang gak akan kalah sama negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Dengan berkembangnya teknologi, internet tidak hanya digunakan untuk komputer atau laptop saja tetapi juga smartphone dan tablet. Dari ke-4 device yang digunakan, tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan smartphone untuk mengakses internet sangatlah tinggi. Tidak heran jika banyak provider yang menawarkan ragam paket internet.  Dan pastinya kamu salah satunya.

Sadar atau tidak, smartphonemu sangat sering kehabisan kuota sehingga membuatmu menghabiskan banyak uang untuk pembelian paket internet. Pss.. hal ini terjadi karena beberapa aplikasi yang kamu undu ternyata secara rutin menghabiskan kuotamu. Mau tahu aplikasi apa saja dan cara menghemat kuota saat menggunakan aplikasi? Simak daftar berikut ini:

Snapchat

SnapchatAplikasi yang sangat booming di Indonesia terutama di kaulan muda. Katanya klo gak ada aplikasi ini di smartphone, berarti gak kece. Namun dibalik kekeceannya, ternyata snapchat menghabiskan banyak kuota. Jangan heran karena ketika kamu ingin membuka sebuah gambar atau video, kamu perlu menggunakan kuota yang tidak sedikit. Bayangkan dalam seminggu kamu membuka 30 foto dan 15 video, kuotanya bisa melampaui membuka Facebook.

Pihak Snapchat mengerti bahwa aplikasi mereka menguras banyak kuota sehingga mereka menawarkan mode “Travel”. Dengan menggunakan mode ini, Snapchatmu hanya akan loading pengambilan data foto atau video yang kamu inginkan aja.

Spotify

SpotifySpotify? Aplikasi apa itu? Masa gak tahu, inikan aplikasi streaming musik. Saat mendengar musik apalagi suaranya bagus, sejam dua jam gak akan terasa. Ya, kuota yang habis juga tidak terasa. Apa yang harus dilakukan? Jadi premium dan gunakan fitur PREMIUM dimana kamu bisa mendownload album dan memutarnya berulang kali tanpa harus pakai kuota lagi.

Ehm, tak ada cara lain? Ada, kamu perlu mengatur kualitas streaming-nya di bagian setting. Pada tab streaming quality, kamu perlu mengubah setting-nya menjadi normal.

Facebook

FacebookMembuka Facebook secara rutin akan memakan kuota yang banyak apalgi jika di wall lagi banyak video. Hal ini disebabkan Facebook membuat semua video autoplay. Untuk menghentikannya, kamu perlu klik  segitiga terbalik di kanan atas dan pilih setting. Menu setting akan terbuka, kamu tinggal pilih video (paling bawah) dan memilih “OFF” pada bagian Auto-play videos.

Selain ke-3 aplikasi di atas, masih ada aplikasi Instragram. Untuk Instragram, lakukan hal yang sama kaya Facebook yaitu mematikan fitur Auto-play­. Sedangkan untuk yang memiliki aplikasi Pokemon Go, disarankan untuk mematikan sistem “AR” dan bermain di tempat berWIFI yang sudah menjadi POKE STOP. Selain menghemat kuota paket data, bermain di tempat berWIFI seperti cafe, tempat makan dan kantor lebih aman karena tingkat kejahatan pencurian HP lebih kecil.

Semoga dengan informasi ini, kamu bisa lebih menghemat kuota datamu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s